Breaking News

Geram! Jenderal Andika Bilang Pecat Dihadapan Para Komandan PM TNI dari 3 Matra

D'On, Jakarta,- Banyaknya pelanggaran hukum disiplin militer oleh prajurit di beberapa daerah memicu amarah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Mantan Kasad itu pun langsung menggelar rapat penting.


Jajaran bidang hukum TNI dan para Komandan Pusat Polisi Militer TNI dari tiga unsur dikumpulkan.

"Pokoknya yang sudah melibatkan tindakan kekerasan dengan senjata, pastikan dia dipecat," tegas Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa melalui kanal YouTube yang dipantau di Jakarta, Minggu.

Panglima TNI menegaskan bagi prajurit yang terbukti bersalah melakukan disiplin militer dan menggunakan senjata, apakah korban tersebut meninggal dunia atau tidak harus tetap dipecat karena sudah berniat.

"Lain hal kalau dia pakai tangan kosong. Kalau sudah pakai senjata tajam atau senjata harus dipecat," imbuh dia.

Menurut mantan Kasad tersebut, prajurit yang berbuat melawan hukum menggunakan alat atau senjata tajam sama halnya berbuat tega dan dinilai tidak bisa menjadi penegak hukum. Pada kesempatan itu, Andika mengatakan langkah itu diambil untuk memberikan peringatan atau efek jera.

Berdasarkan laporan yang diterima, dari sejumlah berkas kasus perkara akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Militer oleh Oditurat Militer dan sisa masih dalam tahapan penyidikan lebih lanjut oleh jajaran Polisi Militer.

Terakhir, seusai mendengarkan perkembangan kasus, Panglima TNI memberikan arahan agar semua tindakan pelanggaran hukum yang dilakukan prajurit TNI wajib ditindak tegas berdasarkan hukum militer yang berlaku. "Segala bentuk pelanggaran hukum disiplin militer yang dilakukan prajurit TNI, saya pastikan diproses secara tegas, adil, dan berdasarkan hukum yang berlaku," pungkas dia. 

(antara/jpnn)