Selama 2021 Sudah 3 Kali Kilang Minyak milik Pertamina Terbakar

D'On, Cilacap (Jateng),- Kebakaran di Kilang minyak milik Pertamina tidak hanya terjadi sekali saja. Namun sepanjang 2021 ini sudah tiga kali kilang minyak terbakar. 

Terbaru, kebakaran melanda Kilang Pertamina RU IV Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (13/11/2021).

Lalu apa yang terjadi dengan kilang minyak pertamina selama 2021? Berikut rangkuman peristiwa kebakaran di kilang minyak milik Pertamina: 


1. Kilang Minyak Balongan, Indramayu, Jabar

Peristiwa kebakaran di kilang minyak milik Pertamina pada tahun ini kali pertama terjadi di Indramayu. Kala itu, Kilang Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (Jabar), mengalami kebakaran cukup dahsyat, 29 Maret 2021, pada pukul 00.45 WIB.

Akibat kebakaran itu, sebanyak 20 orang mengalami luka-luka ringan maupun berat. Kebakaran di Kilang Balongan itu diduga akibat sambaran petir kala hujan.

2. Kilang Minyak Cilacap, Jawa Tengah (Jateng)

Sebelum peristiwa kebakaran kilang minyak hari ini, kilang minyak Pertamina Cilacap pernah mengalami kebakaran pada 11 Juni 2021 lalu. Kilang minyak ini berisikan benzene dan terbakar pada pukul 19.45 malam. Hingga saat ini, belum ada kepastian mengenai penyebab kebakaran ini.

3. Kilang Minyak Cilacap, Jateng

Kebakaran di area Kilang Pertamina Cilacap ini yang merupakan kali kedua sepanjang tahun ini. Kebakaran terjadi sekitar pukul 19.15 WIB.

Pihak Pertamina menyatakan bahwa yang terbakar bukanlah kilang minyak, namun tangki yang ada di kilang tersebut. Tangki yang terbakar itu berisi BBM jenis Pertalite.

Belum diketahui penyebab kebakaran di area Kilang Pertamina Cilacap itu. Namun dugaan sementara, kebakaran itu akibat tersambar petir.


(*)

Powered by Blogger.