Kronologi Kematian Eks Bupati Yahukimo yang Jadi Penyebab Bentrok Antar Suku

D'On, Yahukimo (Papua),- Bentrokan atau penyerangan antar suku yang terjadi di Kabupaten Yahukimo, Papua diketahui akibat kabar eks Bupati Yahukimo, Abock Busup yang meninggal dunia. Lantas, bagaimana kronologi tewasnya sang eks Bupati tersebut?


Mabes Polri membeberkan kronologi tewasnya sang eks Bupati. Abock diketahui ditemukan tewas dalam sebuah kamar hotel.

"Kronologisnya pada tanggal 3 Oktober 2021 sekitar pukul 08.00, petugas hotel atas nama Taufiq Ismail mengetuk pintu kamar 1707. Ternyata tidak mendapat jawaban dari penghuni kamar 1707," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (4/10/2021).

Karena tidak mendapat jawaban, petugas hotel kala itu menghubungi rekan Abock. Kemudian, pihak hotel membuka kamar dan menemukan Abock sudah dalam keadaan tewas.

"Dibuka kamar melalui manual dan ketika berhasil dibuka, korban atas nama Saudara Abock ditemukan telah meninggal dunia," beber Rusdi.

Dari hasil pengecekan tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan di tubuh korban. Keluarga korban sendiri menolak untuk dilakukan otopsi terhadap jasad korban.

"Aparat kepolisian berkoordinasi dengan keluarga, dari keterangan (keluarga korban) menjelaskan kepada aparat kepolisian bahwa tidak perlu dilakukan otopsi kepada korban karena pihak keluarga telah menerima peristiwa ini sebagai sebuah takdir," kata Rusdi.

Selang beberapa waktu, kabar kematian eks Bupati ini menjadi pemicu bentrok antar suku di Yahukimo. Bentrokan tersebut mengakibatkan puluhan orang luka-luka hingga sejumlah orang tewas.


(IZ)

Powered by Blogger.