Hobi Menulis Artikel? Ini 6 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan

Dirgantaraonline.co.id,- Manfaat menulis artikel tidak hanya sebagai sarana menuangakan ide dan gagasan melalui media. Namun, terdapat banyak manfaat lainnya yang tentu akan kamu dapatkan jika menjadikan kegiatan menulis artikel sebagai sebuah hobi.

Terlebih lagi dengan memanfaatkan kecanggihan dan ketersediaan media digital. Setiap orang bisa dengan mudah menuangkan hasil tulisannya menjadi sebuah artikel sehingga dapat diakses atau dibaca oleh banyak orang.

Lantas apa saja manfaat menulis artikel yang bisa didapatkan? Berikut 6 diantaranya.


1. Media yang baik untuk menyimpan karya tulisan

Biasanya, jika menulis sesuatu dan hanya disimpan di perangkat komputer pribadi, terkadang memakan waktu yang cukup lama. Belum lagi, jika ternyata saat itu kamu sedang tidak menggunakan perangkat komputer.

Namun, jika karya tulisannya diterbitkan menjadi artikel online, kamu dapat dengan mudah menemukannya dengan cukup mengetikan judul di papan pencarian Google.

2. Menambah wawasan atau pengetahuan

Tidak dapat dipungkiri, bahwa ketika menulis sebuah artikel dan mengangkat tema tertentu harus melakukan survei terlebih dahulu mengenai bahan tulisan yang berkaitan.

Kamu tentunya harus mencari tahu terlebih dahulu dan membaca informasi terkait dari sumber terpercaya. Hal tersebut pun akan menambah wawasan baru bagi penulis tentang apa yang menjadi topik tulisannya.

3. Menginspirasi dan memberi informasi kepada banyak orang

Menjadi seorang penulis artikel tentunya menjadi pilihan yang tepat sangat bagi kamu yang merasa ingin memiliki kontribusi dan kebermanfaatan bagi banyak orang.

Melalui sebuah artikel yang telah diterbitkan, kamu bisa berbagi mengenai ide atau suatu gagasan. Kamu juga bisa memberikan suatu sudut pandang berkenaan dengan suatu hal, tentunya ditambah dengan fakta yang mendukung.

4. Sebagai wadah untuk mengembangkan kemampuan

Dalam penulisan sebuah artikel, tentunya harus melalui berbagai tahapan yang diperlukan. Beberapa diantaranya adalah mencari ide atau topik, mencari bahan referensi atau fakta pendukung, hingga kemudian menyusun kalimat yang mudah dipahami oleh pembaca.

Jika hal tersebut dilakukan secara berulang, maka akan memberikan manfaat karena kamu dituntut untuk terus kreatif. Sehingga kemampuan berfikir pun akan lebih berkembang. Terlebih, kamu juga dapat belajar menyampaikan apa yang dipikirkan menjadi sebuah karya tulis yang disusun dengan kaidah yang baik dan benar.

5. Sebagai sumber penghasilan

Tidak sedikit juga para penulis yang menjadikan artikel sebagai sumber penghasilan. Kamu pun bisa melakukannya dengan bergabung di sebuah perusahaan yang menyediakan jasa penulis artikel.

Kamu juga bisa mencoba untuk mengirimkan karya tulismu melalu media atau platform menulis seperti IDN Times Community. Tentu, hal tersebut pun akan terasa menyenangkan, apalagi ketika hobi yang kamu tekuni juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

6. Dianggap sebagai salah satu hobi yang berkelas

Manfaat menulis artikel yang terakhir yang bisa didapatkan adalah pandangan orang-orang yang menganggap, bahwa hobi satu ini termasuk ke dalam hobi yang keren dan berkelas.

Bagaimana tidak, menulis sering diidentikan bagi orang-orang yang berintelektual dan mampu menyusun serta merangkai kalimat yang baik. Bahkan, beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan tulis menulis sering dianggap sebagai pekerjaan yang berwibawa.

Nah, itulah 6 manfaat yang bisa didapatkan ketika menulis sebuah artikel. Semoga kamu semakin termotivasi untuk terus mengembangkan hobi menulis yang kamu miliki. Semangat!


(IDN)

Powered by Blogger.