DPD Projo: Pemko Padang Harus Tegas Berantas Bangunan Liar di Kawasan Rawan Bencana

D'On, Padang (Sumbar),- Tingginya curah hujan yang terjadi pada Rabu (29/9/2021) lalu, membuat Kita Padang mengalami banjir dan beberapa titik longsor. Salahsatunya longsor terjadi di kawasan jalan baru bukit gado-gado.


Longsor ini terjadi akibat bukit tersebut digali oleh alat berat, yang mana disampaikan Janihir Datuak Mangkuto tokoh masyarakat setempat bahwa itu akan dibangun rumah, namun tokoh masyarakat tersebut tidak tau rumah siapa yang akan dibangun karena sebagai tokoh setempat dia tidak diberitahukan.

"Ya memang ada alat berat yang mengikis bukit ini beberapa waktu lalu, namun saya tidak tahu ini rumah siapa," ucapnya.

Sejatinya tanah diarea ini diketahui mili larangan mendirikan bangunan dikawasan tersebut, namun entah kemana hilangnya plang larangan tersebut," ujarnya.

Jika tidak diawasi oleh Pemko Padang maka bangunan liar akan terus bertambah dikawasan area kawasan jalan baru menuju pantai air manis ini.

"Kami berharap Pemko Padang dapat mengambil sikap sebelum adanya korban jiwa," pungkasnya.

Menyikapi bencana ini, DPD Projo Sumbar pun angkat bicara, Disampaikan Ketua DPD Projo Sumbar Muhammad Husni Nahar, melalui Wakil Sekretaris DPD Projo Surya Sutan Sari Alam, mengingatkan Pemko Padang agar bisa menindak tegas bangunan yang tidak memiliki izin di area tersebut, mengingat potensi bencana dikawasan tersebut, pemko Padang harus berhati-hati memberikan izin mendirikan bangunan disana, ujar Surya.

"Jangan sampai ada korban jiwa baru  Pemko Padang bertindak, maka potensi bencana dari dini harus kita cegah bersama," pungkas Surya.

Hingga berita ini tayang, media ini masih berupaya mengkonfirmasi pada pihak terkait.


(mond)

Powered by Blogger.