7 Fakta Pengemudi Porsche Terobos Busway: Diburu hingga Akhirnya Ketemu

D'On, Jakarta, - Pengemudi mobil Porsche yang menerobos jalur khusus bus TransJakarta atau busway akhirnya ditangkap. Pengemudi mobil Porsche yang viral itu diamankan setelah jadi buruan polisi.

Mobil Porsche dan pengemudinya diamankan kemarin, Sabtu (24/4). Keduanya diamankan di Polda Metro Jaya.

"Diamankan dulu kendaraannya, sekarang ada di Ditlantas. Ini baru kita cek, nanti diinfokan lagi ya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dimintai konfirmasi, Sabtu (24/4/2021).

"Ya pasti, serba-samalah (sopirnya juga diamankan), makanya kan kita lagi cek," sambungnya.

Setelah diamankan, pengemudi Porsche Bernomor polisi B-2204-MA itu pun dimintai keterangan. Pengemudi tersebut dimintai keterangan hingga 3 jam.

"Tadi udah dimintai keterangan, dari jam 15.00 sampai jam 18.00 WIB," kata petugas Sub-Direktorat Penegakan Hukum (Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro) Jaya, Ari Wibowo, di Kantor Ditlantas Polda Metro Jaya, Jl MT Haryono, Jakarta Selatan, Sabtu (24/4).

Berikut ini fakta-fakta pengemudi Porsche tersebut hingga akhirnya diamankan:

1. Viral di Media Sosial

Pengemudi Porsche itu viral setelah aksinya menerobos busway beredar di media sosial. Kejadian Porsche menerobos busway itu terjadi pada Jumat (23/4) di jalur TransJakarta di Jl Sultan Iskandar Muda, Gandaria, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Dalam rekaman video viral, terlihat mobil sport tersebut berhenti di jalur busway. Hal ini mengakibatkan bus Transjakarta tidak bisa melintas di jalurnya.

Pengemudi Porsche tersebut terlihat membuka kaca, lalu menggerakkan tangannya mengarahkan sopir bus Transjakarta untuk mundur. Namun sopir bus Transjakarta bergeming.

Diduga, pengemudi Porsche itu meminta Transjakarta mundur lantaran dia hendak keluar lagi dari busway dengan bergerak mundur. Namun, karena bus Transjakarta tidak mau mundur, akhirnya Porsche itu menerabas busway sambil tancap gas.

"Jangan mau... jangan mau, Pak!" teriak perekam video.

2. Bikin Geram Warga

Aksi pengemudi Porsche menerobos busway pun membuat geram warga yang menyaksikannya. Seorang pedagang di sekitar lokasi pun heran atas aksi pengemudi mobil mewah yang menahan laju bus Transjakarta itu.

"Nggak, dia (pengemudi Porsche) cuma berhenti. Busway (bus TransJ) mau lewat tapi nggak bisa, dihalangin. Kalau di sini memang banyak pengendara yang nerobos jalur buswayUdah ngelanggar jalan, kalau saya jadi sopirnya, udah saya tabrak," kata Tian.

3. Diburu Polisi

Polisi pun kemudian turun tangan. Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan, meski jalur TransJakarta itu tidak ter-cover e-TLE, polisi tetap akan bertindak. Pengemudi Porsche itu akan dicari polisi.

"Iya kita telusuri," kata , Jumat (23/4).

4. Wagub DKI Jakarta Minta Pengemudi Serahkan Diri

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta pengemudi menyadari kesalahannya. Riza juga meminta pengemudi Porsche menyerahkan diri.

"Pertama, tentu kita ingin yang bersangkutan dengan kesadaran menyampaikan sendiri, tidak perlu dicari-cari, dikejar. Insyaallah kita berdoa mudah-mudahan yang bersangkutan datang melaporkan dan meminta maaf kepada seluruh warga dan kita semua," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (23/4).

"Kalau tidak (serahkan diri) nanti Dinas Perhubungan akan mengambil langkah-langkah supaya ini tidak terjadi lagi," tegasnya.

5. TransJakarta Minta SIM Pengemudi Digunting

Dirut TransJakarta Sardjono Jhony juga geram akan aksi pengemudi bandel tersebut. Dia pun menyarankan sanksi berat agar efektif membuat pengendara mobil yang menerobos busway jera.

Jhony juga berharap penerobos busway tidak mendapatkan SIM selama beberapa tahun. Menurutnya, sanksi-sanksi tersebut dapat membuat pelanggar kapok.

"Tangkap, lalu gunting SIM-nya. Pastikan siapa pun (penerobos busway) tidak dapat SIM lagi selama 5 tahun. Nah, itu efektif, efek jeranya maksimum," kata Jhony.

6. Pengemudi Ditangkap

Pada Sabtu (24/4), polisi pun mengamankan sang pengemudi mobil Porsche. Pengemudi Porsche itu diamankan oleh Polda Metro Jaya.

"Ya pasti, serba-samalah (sopirnya juga diamankan), makanya kan kita lagi cek," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dimintai konfirmasi, Sabtu (24/4).

Mobil yang dikendarai juga diamankan Ditlantas Polda Metro Jaya. Mobil itu pun kemarin tampak terparkir di depan lobi kantor Ditlantas Polda Metro Jaya, Jl MT Haryono, Jakarta Selatan, Sabtu (24/4/2021).

7. Pengemudi Dimintai Keterangan

Pengemudi mobil Porsche pun sudah diperiksa oleh pihak kepolisian. Pelaku dimintai keterangan selama 3 jam setelah diamankan.

"Tadi udah dimintai keterangan, dari jam 15.00 sampai jam 18.00 WIB," ujar petugas Sub Direktorat Penegakan Hukum (Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro) Jaya, Ari Wibowo.

(*)

Powered by Blogger.