Resmi Dilantik Jokowi, Gubernur Sumbar janji genjot pengembangan UMKM

D'On, Jakarta,-  Presiden Joko Widodo melantik Mahyeldi Ansarullah dan Audy Joinaldy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat periode 2021-2024.

Usai pelantikan, Mahyeldi menegaskan akan mempersiapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Provinsi Sumbar. Satu visi Mahyeldi adalah oenguatan ekonomi melalui sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Penguatan UMKM dan juga kemudahan mendapatkan modal usaha bagi UMKM yang ada di Sumatra Barat yang jumlahnya lebih kurang 590.000," ujar Mahyeldi usai dilantik, Kamis (25/2).

Pengembangan UMKM di Sumbar berasal dari berbagai sektor seperti pertanian, peternakan, perikanan dan kelautan, dan lainnya. Mahyeldi juga menegaskan akan fokus dalam penanganan pandemi virus corona (Covid-19).

"Kita prioritas bagaimana untuk penanganan Covid-19," terang Mahyeldi.

Di sektor budaya, Mahyeldi juga akan mengembangkan kearifan budaya lokal. Termasuk juga untuk meningkatkan pariwisata di Sumbar.

Sebagai informasi Mahyeldi-Audy terpilih memimpin Sumbar usai memenangkan Pilkada Serentak 2020 dengan perolehan 32,4%. Mahyeldi-Audy mengalahkan tiga pasangan laim yakni Mulyadi-Ali Mukhn, Nasrul Abit-Indra Catri, dan Fakhrizal-Genius Umar.


(Jep/*)

Powered by Blogger.