Breaking News

Kapolda Pimpin Sumpah dan Penandatanganan Pakta Integritas bagi calon SIPSS

D'On, Padang (Sumbar),- Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH memimpin pembacaan Sumpah dan Penandatanganan Pakta Integritas penerimaan Polri untuk Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS).

Pembacaan sumpah tersebut dilangsungkan di gedung Jenderal Hoegeng lantai IV Polda Sumbar, Senin (25/1) pagi.

Irjen Pol Toni Harmanto dalam sambutannya mengatakan, sebagaimana diketahui bersama personel Polri merupakan aset utama organisasi Polri dalam menentukan tegak berdirinya organisasi dan profesionalisme Polri, sehingga sumber daya manusia Polri harus dikelola dengan baik.

"Pengelolaan sumber daya manusia Polri harus bersih, jujur dan berkeadilan, mulai dari hulu pada tahap penyediaan melalui rekrutmen, sampai hilir saat pengakhiran dinas dengan menerapkan Merit System yang didasarkan pada kapabilitas, kompetensi, komitmen dan integritas yang tinggi dalam mencapai tujuan Polri yang Profesional, Modern dan Terpercaya," katanya.

Dalam penerimaan Polri ini sebut Kapolda, dilangsungkan dengan mengutamakan asas Clear and Clean. "Hal ini untuk membentuk karakter SDM Polri yang unggul dan kompetitif," jelasnya. 

Dikatakan, baru saja dilaksanakan bersama kegiatan pengambilan sumpah, pengucapan dan penandatanganan Pakta Integritas yang hari ini juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat bahwa seleksi penerimaan calon anggota Polri dilaksanakan secara Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis. 

"Panitia, peserta dan orang tua peserta seleksi mempunyai komitmen yang sama untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme," ujar Kapolda. 

Melalui kegiatan ini juga lanjutnya, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelaksanaan seleksi penerimaan calon anggota Polri. "Saya mengharapkan apa yang telah kita ucapkan dan tanda-tangani tadi hendaknya dapat diimplementasikan dan diterapkan karena ini akan dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Negara dan masyarakat," beber Irjen Pol Toni Harmanto. 

Disebutkan, animo peserta seleksi penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana T.A. 2021 Polda Sumbar sampai dengan ditutupnya pendaftaran tanggal 24 Januari 2021 kemarin, tercatat yang sudah terverifikasi sebanyak 195 orang peserta yang terdiri dari pria 137 orang dan wanita 58 orang.  

Kemudian, nantinya di tingkat Panda peserta akan mengikuti seleksi antara lain Pemeriksaan Administrasi Awal dan Akhir, Uji Tes Kompetensi Keahlian Aspek Pengetahuan, Pemeriksaan Kesehatan Tahap I dan II, Pemeriksaan Psikologi, Penelusuran Mental Kepribadian, Tes Kesamaptaan Jasmani dan diakhiri dengan sidang terbuka kelulusan tingkat Panda.

"Nantinya peserta yang dinyatakan lulus terpilih tingkat Panda akan mengikuti seleksi selanjutnya pada tingkat Panpus di Semarang mulai tanggal 13 Februari sampai dengan 26 Februari 2021," terang Kapolda. 

Selaku Kapolda Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto menginstruksikan kepada Panitia dan seluruh personil jajaran Polda Sumbar untuk mendukung terselenggaranya rangkaian kegiatan seleksi ini dengan sebaik-baiknya. 

"Saya tekankan untuk tidak memanfaatkan dan mencari kesempatan guna kepentingan pribadi selama proses rekrutmen," tegasnya. 

Kepada seluruh peserta seleksi, Kapolda mengajak agar mempersiapkan diri untuk memperoleh hasil yang maksimal. "Tidak ada yang dapat membantu kelulusan saudara melainkan hanya diri saudara sendiri, percaya kemampuan diri sendiri, dan terus berdoa kepada Allah SWT," sebut Kapolda Sumbar. 

Kepada orang tua ataupun wali agar dapat mendorong putra putrinya untuk berkompetisi dengan sehat dan tidak terpengaruh terhadap oknum maupun pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Kepada Pengawas baik Internal maupun Eksternal, lakukan pengawasan terhadap kinerja panitia seleksi tanpa mengganggu proses pelaksanaan seleksi dan apabila ditemukan adanya kejanggalan agar dilaporkan kepada Kapolda selaku Ketua Panda," pungkasnya. 

Turut hadir Irwasda Polda Sumbar yang diwakili oleh Kombes Pol Dwi Sulistyawan, S.Ik, Karo SDM Kombes Pol Defrian Donimando, S.Ik, Panitia Penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Serjana (SIPSS), Ombudsman RI Perwakilan Sumbar, IMSI Sumbar, LIDIKTI Wilayah X, KAN Nan Salapan Suku Padang.

(***)