Gubernur dan Politikus PAN Tewas Dalam Kecelakaan Helikopter, 4 Orang Ditahan

D'On, Mexico City (Meksiko),- Sebanyak emapat orang ditahan pihak berwenang Meksiko pada Jumat 25 Dsember 2020, waktu setempat. Hal itu sehubungan dengan kecelakaan helikopter dua tahun lalu, yang menewaskan gubernur Negara Bagian Puebla, Martha Alonso.

Suami Martha, Rafael Moreno Valle Rosas, juga turut menjadi korban yang meninggal dalam insiden pada waktu itu. Rafael berprofresi sebagai senator untuk Puebla di Parlemen Meksiko, dan juga pernah menjabat gubernur setempat sebelumnya.

Rafael berasal dari Partai Aksi Nasional atau dalam Bahasa Spanyol bernama Partido Acción Nacional (PAN), salah satu dari empat parpol terbesar di negeri sombrero.

Usia partai itu juga terbilang sangat tua, yakni didirikan sejak 1939. Reuters melansir, kecelakaan udara kala itu terjadi pada 24 Desember 2018. Helikopter yang ditumpangi Martha dan suaminya jatuh tak lama setelah lepas landas dari Puebla, menuju ke Mexico City.

Kantor Kejaksaan Agung Puebla menyatakan, tiga pria dan satu perempuan yang ditangkap kali ini sedang diselidiki atas tuduhan pembunuhan dan membuat pernyataan palsu. Namun, kantor itu tidak memberikan perincian lebih lanjut lagi terkait penahanan para tersangka.

Keempat orang yang ditangkap itu bekerja di Rotor Flight Services, sebuah perusahaan yang bertanggung jawab atas berfungsi tidaknya helikopter.

Alonso adalah seorang anggota oposisi di Meksiko. Dia menjabat senator hanya beberapa hari sebelum kecelakaan fatal itu—yang juga menewaskan dua pilot helikopter dan seorang asisten Alonso.


(aky)

No comments

Powered by Blogger.