Viral Sampai ke Mancanegara, Monyet Ikut Mencuci Pakaian di Indonesia

D'On, Kalsel,- Hewan primata memang terkenal pintar. Dan monyet, salah satu anggota keluarga primata, membuktikan hal itu.


Bayangkan seekor monyet ikut membantu mencuci pakaian. Ini yang terjadi di tanah air dan kemudian viral di di luar negeri saat beritanya masuk ke Daily Mail.


Sang pemilik rumah, Ayu Sarasyani diketahui meninggalkan satu ember pakaian kotor yang terendam air dan deterjen di luar rumahnya di provinsi Kalimantan Selatan.


Lalu saat dia kembali ke rumah, dia tercengang melihat seekor monyet ekor panjang liar “turun tangan” untuk membantunya.


Monyet ini terlihat cekatan membersihkan kotoran dari pakaian yang direndam. Primata ini mulai mencelupkan pakaian ke dalam air sambil bertengger di samping ember besar berwarna hijau itu.



Dia kemudian mengangkat pakaian itu dari dalam air, menguceknya, dan terus mengulang hal itu beberapa kali. Seperti kebanyakan ibu-ibu lain saat mencuci, sang monyet juga menghentakkan pakaian itu beberapa kali ke lantai untuk menghilangkan kotoran atau sabun cuci yang masih lengket.


Di video selama 40 detik itu terlihat sang monyet sangat menikmati semua aksinya. Mulai dari air sabun, busa-busa yang melimpah. Ketika menguek pakaian, membilas, dan memeras pakaian itu.


“Saya kagum melihatnya mengambil alih pekerjaan saya, tetapi saya segera masuk ke dalam rumah dan melihat dari jendela saya,” terangnya.


Dia tetap mencoba diam tak berisik saat merekam adegan yang tidak biasa karena takut diserang jika hewan itu dikejutkan.


Ayu menjelaskan monyet liar sering datang ke daerah tersebut dan tinggal di gedung dan rumah kosong sambil mencari makanan. Ayu yakin jika primata pintar itu telah lepas dari kelompoknya.


“Mereka datang ke sini dari waktu ke waktu dan tinggal setidaknya selama dua hari. Mereka biasanya dalam kelompok besar tapi yang ini sendirian, jadi bisa saja hilang,” terangnya.


Ayu melemparkan sepotong roti dan pisang ke monyet itu untuk mengalihkan perhatiannya dari pakaian sebelum meninggalkan halaman depan rumahnya.


Dia juga mengajukan laporan insiden itu ke pejabat setempat jika ada monyet hilang dan perlu dipersatukan kembali dengan kelompoknya.


(amr/okz)


No comments

Powered by Blogger.