Breaking News

Alquran dan Sains Menjelaskan Air Laut Memanas pada Hari Kiamat

Dirgantaraonline.co.id,- Lautan luas jadi bagian anugerah dan keajaiban Allah Subhanahu wa ta'ala yang diturunkan ke Bumi. Di dalam kitab suci Alquran pun tertulis tentang laut beserta kehidupannya, termasuk nasibnya (laut) di hari kiamat nanti. Seluruh airnya memanas, tidak ada yang bisa memadamkannya.

Lantas apa maksud laut akan memanas di hari kiamat nanti? Padahal airnya terbentang sangat luas, dan tetesan airnya pun tidak pernah terhitung.

Dikutip dari 'Buku Pintar Sains Dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah' karya Dr Nadiah Thayyarah, terdapat salah satu ayat di dalam Alquran yang menegaskan bahwa kelak air laut akan memanas. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَٱلْبَحْرِ ٱلْمَسْجُورِ

Wal-bahril-masjur

Artinya: "Dan laut yang di dalam tanahnya ada api." (QS At Tur: 6)

Ayat tersebut menjelaskan Allah Subhanahu wa ta'ala telah bersumpah atas nama laut yang masjur. Kata masjur dalam bahasa Arab berarti sesuatu yang dinyalakan sehingga menjadi panas. Namun air berlawanan dengan api, di mana air bisa memadamkannya.

Kemudian hal itu terbukti secara ilmiah, suatu hari nanti gunung-gunung berapi akan muncul dari dasar lautan dan memuntahkan lavanya. Palung-palung yang kedalamannya sekira 65–150 kilometer yang berada di dasar laut dan samudera merupakan salah satu anugerah Allah Azza wa jalla kepada umat manusia.

Palung-palung tersebut di seluruh dasar laut dan samudera akan terpanaskan, karena bebatuan magma panas terdorong keluar dari perut Bumi. Air yang begitu banyak tidak akan bisa memadamkannya, sementara bara yang sedemikian panas itu lebih dari 1.000 derajat Celsius pun tidak mampu menguapkan air laut.

Jutaan ton bebatuan magma yang keluar dari perut Bumi akan memanaskan dasar laut, dan samudera. Fenomena ini diketahui para ilmuwan sejak akhir tahun 1960-an.

Para ilmuan juga menyebutkan bahwa gunung berapi yang terdapat di dasar lautan lebih aktif dan lebìh banyak daripada gunung berapi yang ada di atas daratan.

Gunung-gunung berapi yang ada di dasar lautan itu akan memuntahan jutaan ton bebatuan magma. Gunung-gunung tersebut terdorong ke permukaan dasar laut melalui palung-palung yang ada di dasar lautan, dan naik mendekati permukaan air.

Jika ia berhasil naik ke permukaan laut, maka akan membentuk pulau vulkanik, seperti Kepulauan Jepang, Indonesia, Filipina, dan Hawaii. Terbukti sudah secara ilmiah, ada gunung-gunung berapi yang muncul dari dasar laut dan mampu memuntahkan lava. Hal ini merupakan salah satu tanda kekuasaan Allah Subhanahu wa ta'ala.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَفِى ٱلْأَرْضِ ءَايَٰتٌ لِّلْمُوقِنِينَ

Wa fil-ardi ayatul lil-muqinin

Artinya: "Dan di Bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin." (QS Az-Zariyat: 20)

(Abu Khalil)