Breaking News

Dua Warga Sipil Ditembak KKB di Intan Jaya Papua

D'On, Intan Jaya (Papua),- Dua warga sipil di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Senin, 14 September 2020. Kedua warga sipil yang bernama Laode Anas Munawir (33) dan Fahur Rahman (23) itu mengalami luka-luka dan telah dievakuasi ke RS Timika.

"Penembakan terjadi pukul 11.00 WIT terhadap dua orang warga sipil yang dilakukan oleh KKB di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, tepatnya di daerah Wabogombugapa Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal, dalam rilisnya pada wartawan.

Evakuasi dilakukan aparat gabungan TNI-Polri menggunakan Pesawat Rimbun Air DHC6-400/PK-OTJ dari Distrik Sugapa ke Bandara Moses Kilangin Timika dan selanjutnya dibawa ke RSUD Mimika.

Sementara untuk pelaku, kata Kamal, masih dalam pengejaran aparat gabungan TNI/Polri. "Saat ini aparat gabungan TNI/Polri masih melakukan pengejaran terhadap para pelaku," katanya.

Saat ini, lanjut Kamal, kedua korban penembakan dalam kondisi stabil.

Penembakan terhadap dua warga sipil ini, menurut Kamal, menambah daftar kekerasan yang dilakukan oleh KKB terhadap warga sipil, TNI/Polri di Papua.

Ia menyebutkan sejak tahun 2020 tercacat 9 orang meninggal dunia akibat kekerasan yang dilakukan KKB, yakni 5 orang warga sipil, 2 anggota TNI dan 2 anggota Polri.
Sementara untuk korban yang mengalami luka sebanyak 23 orang yakni 10 orang warga sipil, 7 anggota TNI dan 6 anggota Polri.

(fini/VV)