6 DASAWARSA KARANG TARUNA: Telusur Jejak Tokoh Sejarah Karang Taruna Sumatera Barat


D'On, Padang (Sumbar),-
Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah pahlawannya. HUT Karang Taruna yang ke 60, Karang Taruna Sumatera Barat membuktikan itu dengan silaturahmi bersama Ketua Karang Taruna Pertama Sumatera Barat Ayahanda Drs. H. Azmal Zen lengkap dengan Sekretrisnya pada waktu itu Ayahanda Rustam periode 1980-1995. 

Pertemuan yang sangat hangat tersebut menjadi bukti bahwa keberadaan Karang Taruna Sumatera Barat sudah cukup lama di Ranah Minang ini. Menurut cerita serta sejarah yang disampaikan oleh Ayahanda H. Azmal Zen bahwa Karang Taruna Sumatera Barat lahir pada tahun 1980 dengan umurnya genap 40 tahun saat ini. 

"Karang Taruna Sumatera Barat mulai dibentuk waktu itu dari Kelurahan, hingga sampai ke beberpa tingkat kota/kabupaten, di Provinsi Sumatera Barat" ujar Ayahanda Azmal ". 

Banyak sekali program kala itu di jalankan, mulai dari Usaha Kesejahteraan Sosial,  Usaha Ekonomi Produktif hingga kerja sama dengan mitra mitra terkait pembangunan infrastruktur yang pernah di laksanakan pada waktu itu . 

Ayahanda Azmal Zein yang juga merupakan Ketua Yayasan Syarikat Usaha Adabiah, sangat menyambut baik kedatangan rombongan pengurus Karang Taruna Sumbar , Ayahanda Azmal Zein dengan umur nya yang sudah menginjak usia 76 masih memperlihatkan semangat nya, serta rasa cinta nya kepada Karang Taruna tidak pernah pudar dari dulu hingga sekarang. Bagi beliau, Karang Taruna itu adalah sebuah rumah, tempat menjalin dan memperbanyak saudara. Ayahanda Azmal Zen sangat bangga dan terharu , eksistensi nya dari sejak dulu masih diteruskan sampai pada 6 Dasawarsa umur Karang Taruna saat ini. 

Disamping itu, Sekretaris Pertama  Karang Taruna Sumbar yakni Ayahanda Rustam juga menambahkan , Karang Taruna harus tetap ada, Karang Taruna bagi beliau ibarat sebuah masa sekolah, masa yang sangat indah, untuk menjalin persaudaraan serta berbuat dan berkarya nyata untuk masyarakat sekitar. Ayahanda Rustam yang juga pernah menjadi Karang Taruna Teladan pada masanya, juga menitipkan pesan kepada Karang Taruna Desa/Kelurahan yang ada di Sumatera Barat , bahwa perlu sebuah manajemen yang bagus untuk pengelolaan Karang Taruna Desa/ Kelurahan mengingat adanya Anggran Desa atau DAU pada Kelurahan saat ini yang Karang Taruna dapat andil dalam pengelolaan dana tersebut . 


Selain itu , Mahdianur Musa selaku Ketua Karang Taruna Sumatera Barat mengaku sangat terharu dengan moment yang dilaksanakan pada 6 Dasawarsa Karang Taruna saat ini, 60 Tahun Karang Taruna Berkarya, serta 40 Tahun Keberadaan Karang Taruna di Sumatera Barat kita masih tetap solid dan eksis dalam bingkai Adtya Karya Mahatva Yodha.

6 Dasawarsa Karang Taruna, banyak hal yang sudah kita capai, serta banyak lagi program-program sosial lainnya yang sejatinya mendukung program pemerintah dalam mengentaskan kenaikan angka Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial ( PPKS ) .

" Karang Taruna hadir menjadi rumah besar tempat bertemunya hati yg tulus pejuang sosial tanpa pamrih.

Selalu lah berbuat, berkarya, berbakti tanpa pamrih karena dengan keikhlasan sebuah kebahagiaan dpt diraih, selamat HUT ke-60, karang taruna selalu di hati, ujar dengan semangat Ketua KT. Sumbar Mahdianur Musa. 

(hmsktsmbr)


No comments

Powered by Blogger.