Drama Red Flag yang Hampir Renggut Nyawa Rossi, Warnai Kemenangan Dovizioso


D'On, Spielberg (Austria),- MotoGP Austria 2020 yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (16/8/2020), berjalan dengan sengit sejak lap pertama. Jack Miller (Pramac Ducati) langsung memimpin balapan menyalip Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) yang memulai balapan dari pole position.

Miller memimpin balapan tetapi ia tidak tenang karena ada beberapa pembalap lain di belakangnya. Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) dan Pol Espargaro (KTM Red Bull) membuntuti Miller.

Pol akhirnya mampu menyalip Miller dan memimpin balapan. Akan tetapi, Pol tidak terlalu lama memimpin balapan karena terjadi insiden mengerikan pada lap kedelapan di tikungan ketiga.

Kecelakaan parah terjadi antara Zarco dan Morbidelli. Zarco yang berada di belakang Morbidelli mencoba untuk menyalip. Akan tetapi, pembalap Avintia itu justru melakukan manuver yang salah.

Zarco yang bisa menyalip dari sisi kiri tiba-tiba berubah arah ke kanan. Hal itu membuat Zarco menabrak bagian belakang motor Morbidelli. Motor kedua pembalap itu terpental dengan keras hingga menabrak dinding Sirkuit Red Bull Ring.

Motor Zarco dan Morbidelli bahkan hampir merenggut nyawa Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) yang lewat setelah kecelakaan itu. Rossi lolos dari maut walau dua motor melayang tepat di depan matanya. Red Flag berkibar sehingga balapan dihentikan sementara waktu dan dimulai lagi dengan posisi terakhir para pembalap.

Penyelenggara kemudian mengeluarkan Red Flag dan menghentikan balapan sementara. Balapan dilanjutkan kembali dengan 20 lap, posisi startnya berdasarkan posisi terakhir pada lap ke-8.

Balapan Setelah Red Flag

Andrea Dovizioso berhasil mengukuhkan peringkat pertama, Dovi yang baru saja mengakhiri kontraknya dengan Ducati malah menjadi juara diseri kali ini. 
Dovizioso finish terdepan disusul Joan Mirr dari Suzuki yang bertarung ketat dengan Jack Miller wakil Pramac Ducati.

Kemenangan Dovi ini juga tak lepas dari imbas terjatuhnya Alex Rins di putaran ke-11 karena lowside.

Saat balapan kembali dilangsungkan, drama kembali terjadi. Esparago yang sempat memimpin balapan harus keluar area usai disenggol Oliviera di lap ke-10.

(Alang)

No comments

Powered by Blogger.