Diungkapkan Eks Diplomat Korsel Kim Jong-un Sedang Koma, Akan Digantikan Adiknya

D'On, Seoul (Korsel),- Seorang diplomat Korea Selatan berspekulasi bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah mengalami koma dan bahwa saudara perempuannya, Kim Yo-jong, siap untuk mengambil kendali negara terisolasi itu.

Diwartakan New York Post, klaim sensasional itu dibuat ke media Korea Selatan oleh Chang Song-min, mantan ajudan mendiang presiden Korea Selatan Kim Dae-jung.

Chang mengatakan bahwa Kim saat ini sedang koma, "tapi hidupnya belum berakhir."

"Struktur suksesi lengkap belum terbentuk, jadi Kim Yo-jong dikedepankan karena kekosongan tidak dapat dipertahankan untuk waktu yang lama," ujarnya sebagaimana dilansir Fox News.

Klaim Chang itu muncul hanya beberapa hari setelah kantor berita Yinhap melaporkan bahwa mata-mata Korea Selatan mengatakan Kim Jong-un telah mendelegasikan sebagian dari wewenangnya kepada para pembantu dekatnya, termasuk adik perempuannya.

Dalam pertemuan pribadi dengan anggota parlemen pekan lalu, Badan Intelijen Nasional Korea Selatan mengatakan bahwa "Kim Yo-jong, wakil direktur departemen pertama dari Komite Pusat Partai Pekerja, mengarahkan urusan negara secara keseluruhan pada delegasi," meskipun kakaknya masih mempertahankan "otoritas absolut".

Namun, masih ada keraguan tentang kebenaran klaim diplomat tersebut. Ini bukan pertama kalinya ketidakhadiran Kim yang berkepanjangan dari sorotan publik telah memicu spekulasi tentang kesehatannya.

Pada April, laporan beredar bahwa pemimpin Korea Utara telah menjalani operasi jantung setelah dia tidak terlihat di depan umum selama hampir tiga pekan. Pemerintah Korea Utara tidak pernah menjelaskan ketidakhadiran Kim, termasuk mengapa dia melewatkan peringatan perayaan ulang tahun ke-108 mendiang kakeknya, pendiri Korea Utara Kim Il Sung.

Spekulasi itu sempat berakhir setelah sebuah video yang dirilis menunjukkan Kim Jong-un meresmikan penyelesaian pabrik pupuk di dekat Pyongyang. Pemerintah Korea Selatan kemudian menyatakan bahwa pihaknya tidak percaya bahwa Kim telah menjalani prosedur medis, terutama operasi jantung, seperti yang dirumorkan.

(Okz/dka)

No comments

Powered by Blogger.