Breaking News

Bernard Chene Bule Prancis Pencetus Nama Jokowi

D'On, Jakarta,- Hari ini, Minggu (21/6//2020) Presiden Joko Widodo (Jokowi) tepat menginjak usia 59 tahun. Suami dari Iriana itu lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961 tepatnya di Rumah Sakit Brayat Minulyo.

Jokowi merupakan anak sulung dari pasangan Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi. Jokowi memiliki tiga orang anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.Terlahir dengan nama Mulyono, namun Joko Widodo akrab dipanggil dengan nama Jokowi. Namun, tahukah kamu asal nama tersebut?

Dikutip dari akun youtube Presiden Joko Widodo, nama Jokowi ternyata dicetuskan oleh mitra usaha lamanya di Paris, yaitu Bernard Chene. Alasan dia mengganti nama menjadi Jokowi sangatlah sederhana. Bernard sendiri merupakan pengusaha yang membawa Jokowi merambah ekspor meubelnya ke Eropa.

Awalnya, dia berbisnis dengan paman Jokowi yang berdomisili di Solo. Dari situlah, awal perkenalannya dengan Jokowi yang saat itu baru saja lulus dari Universitas Gadjah Mada (UGM) jurusan Kehutanan. Bernard mengaku pertama kali bertemu dengan Jokowi pada pertengahan tahun 1999.

“Kami terbiasa punya nama panggilan singkat. Dan nama Joko Widodo terlalu panjang buat saya. Kemudian saya tanya beliau, kalau tidak keberatan boleh saya panggil Jokowi saja? dan begitulah awal ceritanya," ujar Bernard.

Bernard yang juga sahabat Jokowi ini senang, karena panggilannya dulu ke Jokowi menjadi panggilan bagi rakyat Indonesia. "Nama ini awalnya hanya antara saya dan dia, sekarang semua orang memanggilnya. saya tidak apa-apa. senang tidak sedih tidak, yah mungkin sedikit senang karena saya yang membuatnya," sambungnya.

Setelah malang melintang di dunia politik hingga menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia, tidak lantas membuat Jokowi melupakan sahabatnya itu. Jokowi selalu menyempatkan diri untuk bertemu Bernard saat berkunjung ke Paris, Prancis.

"Saya kira tak mungkin karena dia presiden, namun pada hari Minggu (saat berkunjung ke Paris), saya dapat telepon dari Indonesia embasy mengatakan akan bertemu di siang hari, ini sangat mengejutkan," kenang Bernard.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga tidak menggelar perayaan hari ulang tahunnya pada hari ini.

"Tak ada (perayaan)," ujar Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, Minggu (21/6/2020).

Fadjroel juga turut mengucapkan selamat ulang tahun kepada Presiden Jokowi. Ia mendoakan agar orang nomor satu di Indonesia itu panjang umum dan selalu sehat.

(mond/okezone)