Siap Perang Lawan AS, Iran Luncurkan Jet Tempur Canggih Baru


D'On, Iran,- Hubungan yang tak harmonis antara Iran dengan Amereika Serikat memicu kedua negara ni terus mengembangkan kemampuan tempurnya. 

Saat ini, Iran tengah membuat jet tempur canggih yang akan digunakan oleh Angkatan Udara Iran. Tujuannya adalah untuk memberikan kejutan kepada AS.

Rencananya,dalam waktu dekat pesawat tempur baru ini akan segera diluncurkan. Hal itu disampaikan oleh Komandan Angkatan Udara Republik Islam Iran (IRIAF) Mohammad Zalbeigi. Dia bahkan mengatakan, dengan dibuatnya pesawat tempr ini, maka mimpi rakyat Iran akan segera terwujud meskipun saat ini pemerintah Iran mendapatkan sanksi embargo ekonomi dari AS dan sekutunya.

"Insyaallah, kami akan menyaksikan satu lagi perancangan dan produksi pesawat terbang yang dibangun IRIAF dalam waktu dekat. Pesawat baru ini akan segera diluncurkan," kata Zalbeigi seperti dikutip dari Sputnik, Senin (25/5/2020).

Kata dia, munculnya pesawat tempur baru ini tak lepas dari kemajuan teknologi Iran. Berbekal ha itu, dia mengatakan Iran siap bersaing dalam mengembangkan industri pertahanan dengan negara-negara lain, termasuk dengan AS.

Zalbeigi menegaskan, kemampuan Iran dalam memproduksi pesawat tempur yang memiliki kecanggihan teknologi tinggi dapat dilihat pada kemampuan IRIAF memproduksi jet tempur Kowsar yang baru dua tahun lalu diluncurkan.

Zalbeigi menambahkan keberhasilan membuat pesawat Kowsar adalah salah satu contoh kemajuan IRIAF dalam menandingi perusahaan-perusahaan yang memproduksi jet tempur di negara-negara lain.

Sebelumnya, pada 2018 lalu Menteri Pertahanan Iran Amir Hatami secara resmi meluncurkan pesawat tempur baru yang dinamakan Kowsar. Kowsar merupakan jet tempur generasi keempat buatan dalam negeri Iran yang digadang-gadang memiliki kecanggihan dalam menghadapi berbagai pertempuran.

Kowsar memiliki arsitektur terintegrasi yang canggih dilengkapi dengan sistem avionik pengendalian kebakaran. Jet tempur yang memiliki dua kursi penerbang ini dilengkapi dengan teknologi digital multipurpose.

Selain itu, jet tempur Kowsar juga dilengkapi dengan sistem perhitungan komputerisasi balistik persenjataan dan sistem HUD yang meningkatkan akurasi senjata dan amunisi, sehingga pesawat ini memiliki kemampuan dalam pemetaan dan mensasar target musuh-musuh di darat dan udara dengan tepat.

(mond/LJC)

No comments

Powered by Blogger.