Pemerintah Siap Luncurkan Kartu Pra Kerja Berikut 3 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Mendaftar


D'On, Jakarta,- Pendaftaran program Kartu Pra Kerja bakal dibuka mulai pekan kedua April 2020. Pendaftaran akan dibuka secara online melalui portal prakerja.go.id.
Sebelum melakukan pendaftaran online, Anda diimbau untuk mempersiapkan tiga hal yakni pertama, koneksi internet yang stabil.

"Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang baik untuk mengakses situs prakerja.go.id," tulis di portal resmi Kartu Pra Kerja.

Kedua, Anda harus membuat akun di Kartu Pra Kerja di prakerja.go.id. Pembuatan akun ini hanya membutuhkan email atau nomor ponsel yang aktif.

Pendaftar wajib mengisi data atau informasi pada Situs dengan benar. Selain itu, Anda harus menggunakan nama dan data diri sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk yang sah.

Berikut panduan membuat akun Kartu Pra Kerja di prakerja.go.id:

1. Masukkan email atau nomor ponsel.

2. Klik Daftar.

3. Selanjutnya pilih metode verifikasi.

4. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan via email atau SMS.

5. Pendaftaran berhasil. Kamu berhasil membuat akun Kartu Pra Kerja.

Selanjutnya, ketiga, siapkan data diri berupa Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) dan swafoto sambil memegang KTP.

Program Kartu Pra Kerja merupakan bantuan biaya pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran penerima yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah/kuliah. 

Bantuan ini hanya akan diberikan sekali seumur hidup untuk peserta.

Kartu Pra Kerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja.

Syarat pendaftaran Kartu Pra Kerja yakni WNI usia 18 tahun ke atas dan tidak sedang bersekolah atau kuliah. Namun, program diprioritaskan untuk pengangguran muda. Program ini juga bisa diikuti oleh warga yang terdampak Covid-19.

(mond/tirto)

No comments

Powered by Blogger.