5 Cara Belajar Membaca Al-Quran untuk Pemula, Mudah dan Sederhana!


Dirgantaraonline.co.id,- Belajar membaca Al-Qur'an memang tak mudah. Apalagi bagi orang-orang yang sudah dewasa dan tak memiliki waktu luang akibat terlalu sibuk dengan pekerjaannya.

Namun, bagi seorang muslim, membaca Al-Qur'an yang baik dan benar merupakan sebuah kewajiban. Untukmu yang ingin belajar membaca Al-Qur'an, coba ikuti beberapa cara di bawah ini!

1. Mengenal dasar huruf hijaiyah terlebih dahulu

Huruf hijaiyah menjadi hal utama saat dalam belajar membaca Al-Qur'an. Ini karena hijaiyah merupakan huruf alfabet atau abjad dalam Bahasa Arab sebagai bahasa asli Al-Qur'an. Terdapat 29 jenis huruf hijaiyah, seperti ا, ب, ت, dan sebagainya.

2. Memahami tanda baca dan hukumnya

Selain huruf hijaiyah, kamu juga perlu memahami tanda baca atau harakat yang berada di dalam Al-Qur'an. Sebab, tanda ini berfungsi sebagai aturan yang menentukan bagaimana pengucapan huruf hijaiyah dalam suatu bacaan.

Selain itu, terdapat pula hukum dari tanda baca, seperti Mad Wajib Muttasil, yang berarti bacaan harus dipanjangkan lima harakat ketika ada huruf mad bertemu dengan hamzah.

3. Mengenal hukum tajwid yang ada di dalam Al-Qur'an

Hukum tajwid, secara sederhana, bisa dikatakan sebagai grammar dalam Bahasa Arab. Ini karena hal tersebut merupakan ilmu yang digunakan agar kita dapat membunyikan atau melafalkan huruf-huruf Al-Qur'an secara baik dan benar.

Beberapa hukum tajwid yang umum ditemui, seperti Idzhar (bacaan harus diucapkan dengan jelas), Iqlab (bacaan harus diucapkan secara mendengung), dan Iqlab (bacaan harus diucapkan secara samar-samar).

4. Menyiapkan waktu untuk belajar membaca Al-Qur'an dan mencari guru mengaji

Untuk dapat membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar, dibutuhkan proses yang tidak sebentar. Jika kamu sungguh-sungguh, cobalah untuk meluangkan waktu khusus dan mencari guru mengaji. Ini penting untuk membimbingmu kalau ada bacaan yang salah.

5. Belajar dengan sungguh-sungguh dan rajin mempraktikkannya

Selain beberapa langkah di atas, kamu harus memahami bacaan dalam Al-Qur'an dengan sungguh-sungguh dan tidak putus asa. Ibarat mata pisau, semakin diasah, maka akan semakin tajam.

Begitu pula kemampuanmu dalam membaca Al-Qur'an. Jadi, jangan lupa juga untuk rajin mempraktikkannya karena kamu tidak akan bisa fasih membaca Al-Qur'an kalau tidak sering membacanya.

Demikianlah informasi mengenai cara belajar membaca Al-Qur'an yang mudah dan sederhana bagi pemula. Semoga membantu kamu, ya!

(Abu Khalil)

No comments

Powered by Blogger.