Hanya Karena Pungut Sayur dari Selokan, Pria ini Terancam Dipenjara

D'On, India,- Sebuah video seorang pria memungut kembali sayuran yang sudah jatuh di selokan. Kini pria tersebut terancan dipenjara.

Nasib nahas menimpa seorang pria muslim di India. Di media sosial beredar video yang memperlihatkan dirinya yang tengah memungut sayuran dari selokan. Video itu menyebabkan Islamofobia dengan menyebut bahwa kaum muslim adalah orang yang jorok.

Dilansir Free Press Journal, pria itu bernama Haseem Bakchu Ansari. Dia dan istrinya bekerja sebagai penjual sayuran yang setiap hari berkeliling menjajakan sayurannya menggunakan gerobak.

Ketika Haseem tengah mendorong gerobaknya, roda belakang gerobak terbentur sehingga membuat sayuran berjatuhan ke selokan tersebut.

Kemudian pria itu memungut kembali sayuran tersebut dan menyimpannya di gerobaknya. Aksi Haseem itu direkam video dan dibagikan di media sosial hingga menjadi viral seperti saat ini.

Banyak warganet menyayangkan aksi pria itu yang memilih untuk memungut untuk kembali di jual. Dari kasus video viral itu membuat pihak kepolisian di Indian kemudian turun tangan untuk menyelidiki.

Hal tersebut juga telah dibenarkan Sandeep More, salah satu pihak kepolisian di Kota Bhiwandi, India. Dia bersama dengan timnya telah melakukan tindakan dengan menggeledah penjual sayuran tersebut.

Menurutnya apa yang dilakukan oleh Haseem merupakan tindak pidana yang masuk pada pasal 273 peraturan di India tentang penjual makanan dan minuman yang berbahaya.

"Siapa pun yang menjual menawarkan atau mengekspos makanan atau minuman berbahaya untuk dijual, atau makanan dan minuman dalam keadaan tidak layak akan dihukum dengan hukuman penjara hingga 6 bulan penjara dengan denda sebesar Rp. 195.158," tulis dalam undang-undang.

Dari adanya peraturan itu, membuat penjual makanan atau minuman di India untuk memastikan barang dagangannya dalam keadaan higienis dan layak dikonsumsi orang lain.

(RKC)

No comments

Powered by Blogger.