Breaking News

Antisipasi Wabah Virus Corona, Nasrul Abit Tinjau Perbatasan Sumbar dan Pekanbaru


D'On, Limapuluh Kota (Sumbar),- Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit, meninjau pengawasan antisipasi masuknya virus corona (Covid-19) di daerah perbatasan Riau dengan Sumatera Barat tadi malam.

Pengawasan ini percepatan penanganan virus corona di daerah perbatasan untuk mencegah masuknya virus corona ke wilayah Sumbar. Nasrul memantau wilayah perbatasan didampingi tim dari BPBD, Dinas Kesehatan dan Satpol PP Sumbar, dan petugas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Kabupaten Limapuluh Kota.

"Kegiatan ini kita lakukan mengawasi semua pergerakan virus corona yang akan masuk ke Sumbar. Dengan mengawasi masyarakat kita yang dari Pekanbaru ke Sumbar di bawah pengawasan tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19," kata Nasrul Abit, Sabtu (21/3/2020).

"Alhamdulillah, Kabupaten Limapuluh Kota sudah siap semua. Mudah-mudahan dengan adanya kewaspadaan seperti ini, tidak ada corona yang masuk ke Sumbar," ucapnya.

Dibantu dengan Dinas Perhubungan dan Satpol PP setiap kendaraan yang melintas dari Pekanbaru, satu per satu diberhentikan. Warga yang melintas dicek suhu badannya menggunakan thermometer gun.

Menggunakan masker dan sarung tangan khusus, Nasrul Abit memeriksa sopir dan penumpang yang melintas kelok sembilan tersebut.

"Kalau ada yang masuk ke wilayah Sumbar suhu badannya di atas 38 derajat Celsius, kita langsung ambil tidakan dengan mengisolasinya. Kita sudah persiapkan semuanya, ambulans dan tim medis sudah siaga untuk membawa pasien ke RSUD Achmad Muchtar Bukittinggi," ucapnya.

Malam itu juga Wagub Sumbar menuju Kota Payakumbuh memeriksa setiap kendaraan yang berasal dari luar Sumbar melintas di Kota Payakumbuh.

"Kita sudah melakukan pemeriksaan di dua tempat. Semuanya rata-rata suhu badannya sekitar 35 sampai 36 derajat celcius. Kalaupun nanti ada di atas 36 derajat celcius, kita sudah siap," ucapnya.

Wagub Sumbar pun mengapresiasi para petugas. Ia juga berharap di setiap perbatasan dapat menyediakan posko Covid-19 untuk menjadi pusat pelayanan informasi tentang perkembangan virus corona di Sumbar. Posko tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat serta instansi yang membutuhkan informasi dan cara penanganan wabah virus corona.

"Mudah-mudahan virus corona cepat hilang dari muka Bumi ini," tuturnya.

(mond/okezone)