Breaking News

9 Ruko Ambruk karena Jalan Amblas di Jember


D'On, Jember,-  Sebanyak 9 ruko di kompleks pertokoan Jompo, Jalan Raya Sultan Agung, Jember, Jawa Timur, ambruk akibat jalan amblas. Kejadian terjadi pada Senin (2/3) sekitar pukul 04.00 WIB.

Ambruknya ruko tersebut diduga terjadi setelah fondasi terkikis aliran Sungai Kalijompo yang meluap akibat hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur sebagian besar wilayah Jember.

1. Retakan di ruko sudah ditemukan sebelum kejadian terjadi

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo mengatakan, sebelumnya tim menemukan retakan tanah di bawah ruko tersebut sejak Februari 2019 lalu.

“Tidak ada laporan mengenai korban jiwa atas peristiwa tersebut. Sebelum peristiwa itu terjadi, ruko sudah tidak dipakai,” kata Agus melalui keterangan tertulisnya, Senin (2/3).

2. Jalan di depan ruko juga mengalami penurunan

Agus melaporkan, kerusakan berupa retakan dan penurunan tanah dengan panjang kurang lebih 94 meter dengan lebar kurang lebih 10 meter. Jalan di depan ruko juga mengalami penurunan dengan panjang kurang lebih 43 meter dan lebar 10 meter. Material dan puing ruko juga menutup aliran sungai.

“Selain kerusakan, peristiwa itu juga mengakibatkan jaringan pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) terputus, jaringan PLN dan Telkom terputus dan arus lalu lintas mengalami kemacetan di sekitar lokasi,” ujarnya.

3. Tim gabungan sedang membersihkan reruntuhan puing ruko yang ambruk tersebut

Saat ini, lanjut Agus, tim gabungan dari Pemkab Jember, BPBD Jember, TNI, POLRI, Dinas PU Binamarga dan SDA, Dinas PU Ciptakarya, PDAM, PLN, Dishub Jember, dan warga setempat bersama-sama melakukan pembersihan material dan puing ruko yang menutupi aliran sungai.

Selain itu, upaya lanjutan untuk memperbaiki dinding penahan sungai juga dalam pengembangan tim.

“Sementara itu, warga yang tinggal di pinggiran sungai diharapkan agar lebih waspada dan berhati-hati mengingat debit air dapat kembali meningkat sewaktu-waktu yang dipicu oleh faktor cuaca di wilayah Jember dan sekitarnya,” himbaunya.


Sumber: IDN