Kabut Asap Meningkat, Pemko Padang Terus Pantau Kualitas Udara

D'On, Padang,- Pemerintah Kota Padang terus memantau kualitas udara dengan menggunakan Air Quality Monitoring System (AQMS) yang titik sensornya berada di Kantor Gubernur Sumatera Barat. Terlihat siang ini, kualitas udara di Kota Padang berada pada tahap kualitas sedang atau berada di angka 67 (PM 10).

Plt Asisten Pemerintahan Edi Hasymi yang juga Kalaksa BPBD Kota Padang, mengimbau masyarakat Kota Padang agar mengurangi aktivitas di luar di rumah, dan jika keluar rumah diharapkan menggunakan masker.

“Pantauan kualitas udara ini kita lakukan setiap hari. Jika kualitas udara berada pada titik tidak sehat, kita akan mengambil kebijakan untuk meliburkan sekolah” ujar Edi.

Dan untuk saat ini, Pemko Padang melakukan tindakan antisipasi pengurangan resiko akibat dari kabut asap, dengan membagikan masker ke sekolah-sekolah.

“Kita memerlukan sekitar 150 ribu masker untuk siswa SD dan SMP di Kota Padang, dan jumlah tersebut belum termasuk untuk siswa SMA. Sedangkan, kita baru memiliki sekitar 63 ribu masker. Kita berharap bantuan masker dari BUMN untuk disalurkan ke sekolah-sekolah di bawah koordinasi Dinas Pendidikan Kota Padang”, imbuhnya lagi.

Hingga saat ini, Pemko Padang melalui BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Pendidikan, terur berkoordinasi melakukan pemantauan kualitas udara dan pendistribusian masker, serta berupaya menambah ketersedian masker di Kota Padang. (LL/Dvd/Rama/HumasPadang)

No comments

Powered by Blogger.