Geliat UMKM, Calon Wirausahawan Baru Dilatih Merangkai Acrylic

D'On, Padang (SUMBAR),- Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Koperasi dan UMKM terus berupaya melahirkan wirausahawan baru melalui kegiatan pelatihan keterampilan. Kali ini sebanyak 27 orang ibu rumah tangga  diberi pelatihan menjahit 'furing' dan merangkai 'acrylic' di Aula LPM Gunung Pangilun, Senin (12/11/2018).

Pembukaan kegiatan pelatihan ini dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra, Ketua TP PKK Harneli Mahyeldi, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Yunisman, Camat Padang Utara diwakili Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Naswi Yelli, Kapolsek diwakili Babin Kantibmas , serta Lurah Gunung Pangilun Andi Amir.

Kadis Koperasi UMKM Yunisman mengatakan, peserta pelatihan kali ini diproyeksikan untuk menjadi enterpreneur yang mampu melahirkan produk unggulan. Produk tersebut nantinya menjadi ikon dari kelompok UMKM, khususnya di Kelurahan Gunung Pangilun, karena memang kelurahan ini paling berpotensi melihat dari keseriusan warganya mengikuti pelatihan.

"Kita melihat potensi untuk mencetak enterpreneur di Gunung Pangilun terbuka lebar. Hal itu terlihat dari semangat masyarakatnya dalam mengikuti pelatihan," sebutnya.

Menurut Yunisman, masyarakat yang mengjkuti pelatihan menjahit furing dan merangkai acrylic akan dibina hingga mampu mandiri dalam usahanya. Termasuk mencarikan solusi dalam hal pemasaran.

Lurah Gunung Pangilun Andi Amir menyebut, sebelumnya warga sudah pernah diberikan pelatihan. Namun mereka terkendala  dalam mengembangkan usaha karena keterbatasan modal dan tidak menguasai pembuatan furing.

"Selama ini untuk penjahitan furing mereka belum menguasai. Untuk itu harus dipesan dari Jambi," kata Lurah Terbaik 2018 itu.

Dengan adanya pelatihan ini, warga jadi memiliki  pengalaman untuk pengembangan lebih lanjut terkait usaha yang sudah dijalani.

"Untuk membuat furing, tidak perlu lagi ke Jambi tapi sudah langsung dibuat sendiri," tukuknya. (***)

No comments

Powered by Blogger.