Breaking News

Propam Polda Sumbar Periksa Kasat Reskrim dan Kanit Tipidkor Polres Pessel, Ada Apa?

Mapolda Sumbar

D'On, Padang (Sumbar),-
Kasat Reskrim Polres Pesisir Selatan (Pessel) beserta Kanit Tipidkor kini tengah menjadi sorotan setelah keduanya diperiksa oleh Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Sumatera Barat. Pemeriksaan ini muncul sebagai respons atas laporan masyarakat yang mencurigai adanya tindakan tak sesuai prosedur dari dua pejabat kepolisian tersebut.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Sulistyawan, S.Ik, dalam keterangannya pada Jumat (7/6), mengonfirmasi bahwa pemeriksaan memang sedang berlangsung. Namun, ia membantah dugaan yang beredar bahwa pemeriksaan ini terkait dengan kasus narkoba. "Benar bahwa Kasat Reskrim dan Kanit Tipidkor Polres Pessel sedang diperiksa oleh Bidpropam, tetapi bukan karena kasus narkoba. Ini lebih kepada adanya laporan atau pengaduan masyarakat (dumas) yang masuk ke Polda Sumbar," ujar Kombes Pol Dwi.

Menurutnya, laporan tersebut berupa surat kaleng dari masyarakat yang memicu penyelidikan oleh pihak Propam. Laporan-laporan semacam ini menunjukkan adanya kekhawatiran atau ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan kepolisian di daerah mereka. "Adanya pemeriksaan ini menandakan bahwa Polri responsif terhadap setiap pengaduan masyarakat, baik yang disampaikan secara langsung maupun melalui surat ke Polda Sumbar," jelasnya lebih lanjut.

Kombes Pol Dwi menegaskan, bahwa institusi kepolisian di Sumbar terus berupaya untuk memperbaiki diri dan memperhatikan setiap masukan dari masyarakat. "Kami mengimbau kepada masyarakat yang merasa tidak puas dengan pelayanan kepolisian di jajaran Polda Sumbar, agar melaporkan ke Bidpropam Polda Sumbar, seperti halnya kasus yang saat ini sedang ditangani. Tujuannya adalah agar kita sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat dapat terus berbenah dan dicintai oleh masyarakat," tutupnya.

Pemeriksaan terhadap dua pejabat Polres Pessel ini menyoroti pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pelayanan kepolisian. Melalui proses ini, diharapkan setiap penyimpangan dapat segera terdeteksi dan ditindaklanjuti untuk menjaga integritas institusi kepolisian di mata masyarakat.

Sebagai catatan, pengaduan masyarakat terhadap aparat kepolisian menjadi salah satu mekanisme penting dalam mengawasi dan memperbaiki kinerja kepolisian, memastikan mereka tetap menjalankan tugas dengan profesional dan sesuai dengan standar hukum yang berlaku. Polda Sumbar dengan tegas menunjukkan komitmennya untuk menindaklanjuti setiap laporan dengan serius, guna memperbaiki pelayanan kepada masyarakat dan membangun kepercayaan publik.

(Mond)

#PoldaSumbar #Polri

No comments