Breaking News

Kecelakaan Tragis: Wakil Presiden Malawi Saulos Chilima Tewas dalam Jatuhnya Pesawat Militer

Wakil Presiden Malawi Saulos Chilima dan istrinya Mary kembali ke Lilongwe dari Korea Selatan, Minggu, 9 Juni 2024 (AP/AP)

D'On, Mzuzu, Malawi,-
Wakil Presiden Malawi, Saulos Klaus Chilima, dilaporkan meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat militer di kawasan hutan Chikangawa dekat Kota Mzuzu, wilayah utara Malawi, pada Selasa (11/6/2024). Pesawat yang ditumpanginya ditemukan dalam kondisi hancur setelah sempat hilang dari radar.

Kecelakaan ini terjadi saat pesawat militer yang membawa rombongan Chilima kembali ke Lilongwe setelah gagal mendarat di Bandara Internasional Mzuzu pada Senin pagi (10/6/2024). Menurut laporan Angkatan Bersenjata Malawi, cuaca buruk menyebabkan jarak pandang yang minim, memaksa pesawat berusaha kembali ke ibu kota sebelum akhirnya jatuh.

Seluruh Penumpang Tewas

Presiden Malawi, Lazarus Chakwera, dalam pernyataan resminya menyampaikan belasungkawa mendalam. "Dr. Saulos Klaus Chilima adalah seorang patriot sejati yang melayani bangsa ini dengan dedikasi luar biasa. Kehilangannya merupakan duka mendalam bagi kami semua," kata Chakwera. Presiden juga mengonfirmasi bahwa tidak ada yang selamat dari kecelakaan tersebut. Selain Chilima, korban tewas termasuk mantan ibu negara, Shanil Muluzi, bersama delapan penumpang lainnya.

Latar Belakang Kecelakaan

Pesawat militer yang nahas itu sedang membawa rombongan kembali dari Mzuzu setelah gagal mendarat di sana untuk menghadiri pemakaman mantan Menteri Kehakiman dan Jaksa Agung, Ralph Kasambara, yang wafat mendadak pada Jumat sebelumnya (7/6/2024). Upaya pendaratan di Mzuzu gagal akibat kondisi cuaca buruk, yang kemudian memaksa pesawat untuk kembali ke Lilongwe. Namun, di tengah perjalanan, pesawat menghilang dari radar dan ditemukan dalam reruntuhan di hutan Chikangawa.

Saulos Chilima: Seorang Pemimpin dan Pengusaha

Saulos Chilima, 51 tahun, adalah tokoh politik yang juga dikenal sebagai pengusaha sukses. Ia pertama kali menjabat sebagai Wakil Presiden pada 2014, bersama Presiden Arthur Peter Mutharika. Pada pemilu 2020, ia kembali terpilih sebagai Wakil Presiden bersama Chakwera setelah Mahkamah Konstitusi membatalkan hasil pemilu 2019.

Reaksi Publik dan Masa Berkabung

Berita kematian Chilima mengguncang rakyat Malawi. Ucapan belasungkawa mengalir dari berbagai kalangan, baik domestik maupun internasional. Rakyat Malawi mengenang Chilima sebagai pemimpin yang tangguh dan berdedikasi. Pemerintah Malawi menetapkan masa berkabung nasional untuk menghormati para korban kecelakaan ini.

Kecelakaan tragis ini mengingatkan pada risiko yang dihadapi pejabat tinggi saat menjalankan tugas kenegaraan, terutama di wilayah dengan infrastruktur yang menantang dan kondisi cuaca yang tidak menentu. Malawi kini bersiap untuk menghadapi masa berkabung sambil mengenang kontribusi Saulos Chilima dalam memajukan negara tersebut.

(*)

#Peristiwa #KecelakaanPesawat #Malawi #Internasional

No comments