Breaking News

Indonesia Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Usai Tundukkan Filipina 2-0

Tom Hate Pencetak Gol Pertama Timnas Indonesia ke Gawang Filipina 

D'On, Jakarta,-
Tim Nasional Indonesia melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah mengamankan kemenangan meyakinkan 2-0 atas Filipina. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, pada Selasa (11/6/2024) menjadi penentu langkah Indonesia menuju impian berlaga di Piala Dunia.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Sejak peluit babak pertama dibunyikan, skuad Garuda tampil dominan. Dalam lima menit pertama, timnas Indonesia menguasai lapangan tengah dan berkali-kali mengancam lini pertahanan Filipina. Upaya pertama Indonesia datang dari serangan cepat yang berhasil menembus pertahanan Filipina, namun dua peluang emas masih bisa digagalkan oleh kiper Filipina, Kevin Ray Mendoza.

Peluang demi peluang tercipta. Pada menit ke-14, sebuah tendangan jarak jauh dari gelandang Thom Haye masih melebar dari gawang. Asnawi Mangkualam, kapten timnas, juga gagal memanfaatkan umpan silang Haye pada menit ke-24. Upaya lain dari Calvin Verdonk pada menit ke-27 juga mampu dimentahkan oleh Mendoza, membuat skor tetap 0-0.

Namun, pada menit ke-31, kebuntuan pecah. Thom Haye, yang tampil impresif sepanjang pertandingan, melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang tak mampu dibendung kiper Filipina. Gol ini membawa Indonesia unggul 1-0 hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Indonesia tidak mengendurkan serangan. Menit ke-56, Indonesia menggandakan keunggulan melalui skenario bola mati. Nathan Tjoe-A-On memberikan umpan matang dari tendangan bebas yang disambut sundulan Rizky Ridho. Bola bersarang di gawang Filipina, memperbesar keunggulan Indonesia menjadi 2-0.

Filipina mencoba bangkit dan menciptakan beberapa peluang, namun kokohnya pertahanan Indonesia yang digalang Jay Idzes dan Justin Hubner berhasil menahan serangan balik lawan. Hingga peluit panjang dibunyikan, skor bertahan 2-0 untuk kemenangan Indonesia.

Menuju Babak Ketiga

Dengan kemenangan ini, Indonesia dipastikan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Apapun hasil pertandingan antara Irak dan Vietnam tidak lagi mempengaruhi posisi Indonesia di grup.

Format Kualifikasi Baru

Piala Dunia 2026 akan menggunakan format baru yang diikuti oleh 48 tim dari enam konfederasi. Untuk zona Asia, jatah lolos langsung bertambah menjadi delapan negara dengan satu tempat untuk playoff. Indonesia kini semakin dekat untuk memanfaatkan peluang ini, terlebih dengan melaju ke babak ketiga kualifikasi.

Regulasi Baru: Jalan Panjang Menuju Piala Dunia

Tahapan kualifikasi di zona Asia melibatkan beberapa putaran:

1. Putaran 1: 20 tim peringkat terbawah berkompetisi dengan sistem dua leg.

2. Putaran 2: 36 tim (26 peringkat terbaik dan 10 pemenang dari putaran 1) dibagi dalam sembilan grup.

3. Putaran 3: 18 tim (juara dan runner-up grup dari putaran 2) dibagi menjadi tiga grup.

   - Dua tim teratas di setiap grup lolos langsung ke Piala Dunia.

4. Putaran 4: Peringkat ketiga dan keempat dari setiap grup di putaran 3 dibagi menjadi dua grup.

   - Juara grup lolos ke Piala Dunia.

5. Putaran 5: Runner-up grup dari putaran 4 akan berhadapan dengan sistem dua leg.

   - Pemenangnya lolos ke Piala Dunia, yang kalah bermain di playoff inter-konfederasi.

Susunan Pemain

Indonesia (3-4-3):

Ernando Ari (PG); Rizky Ridho, Jay Idzes, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, Calvin Verdonk; Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick

Filipina (4-2-3-1):

Kevin Ray Mendoza (PG); Scoot Woods, Andrian Ugelvic, Santiago Rublico, Jesper Nyholm; Michael Baldisimo, Kevin Ingreso; Dylan Demuynck, Zico Balley, Alex Monis; Patrick Reichelt

Kemenangan atas Filipina menunjukkan potensi Indonesia untuk bersaing di panggung internasional. Dengan semangat dan strategi yang tepat, langkah menuju Piala Dunia 2026 semakin terlihat. 

(Mond)

#Sepakbola #Olahraga #TimnasIndonesia #KualifikasiPialaDunia2026

No comments