Breaking News

Harga Cabai Merah Meroket, Pj Wako Padang Instruksikan Langkah Konkret Tekan Inflasi

Jelang Idul Adha Harga Cabai Melonjak Pesat

D'On, Padang (Sumbar),-
Lonjakan harga cabai merah di pasaran telah memicu kekhawatiran luas, menempatkan komoditas ini sebagai penyumbang terbesar inflasi di Kota Padang. Untuk mengatasi situasi yang semakin mendesak, Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, menginstruksikan semua pihak terkait untuk segera menyiapkan langkah konkret dalam meredam gejolak harga.

Dalam rapat pengendalian inflasi yang digelar di Gedung Putih Rumah Dinas pada Senin, 10 Juni 2024, Andree menegaskan bahwa cabai merah menjadi faktor dominan yang mempengaruhi laju inflasi, terutama menjelang Iduladha. "Permintaan cabai di Kota Padang selalu tinggi, sehingga langkah konkret perlu segera disiapkan untuk memastikan ketersediaan stok dan stabilitas harga," ungkapnya.

Langkah Konkret Mengatasi Lonjakan Harga Cabai

Menghadapi situasi ini, Pj Wali Kota Andree Algamar menyusun sejumlah strategi untuk menstabilkan harga cabai merah. Langkah-langkah tersebut meliputi:

1. Peningkatan Koneksi antara Petani dan Konsumen  

Andree mengusulkan untuk memperkuat hubungan antara petani dan konsumen, termasuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang memiliki kebutuhan tinggi akan cabai merah. "Dengan menghubungkan langsung UMKM dengan petani, kita dapat memotong rantai distribusi yang panjang, sehingga harga dapat lebih terkendali," jelasnya.

2. Pasar Murah dan Monitoring Pasokan  

Untuk memastikan ketersediaan dan keterjangkauan harga, Pemkot Padang akan menyelenggarakan pasar murah. Selain itu, pengawasan terhadap pasokan di pasar juga akan ditingkatkan melalui mekanisme monitoring dan evaluasi yang lebih ketat.

3. Kerjasama dengan Daerah Penghasil 

Pemkot Padang berencana menjalin Memorandum of Understanding (MoU) dengan daerah-daerah penghasil cabai merah untuk memastikan suplai yang konsisten. Ini diharapkan bisa mengurangi fluktuasi harga akibat kekurangan pasokan dari daerah lain.

4. Inisiatif Menanam Komoditas Penyumbang Inflasi 

Salah satu solusi jangka panjang yang diusulkan adalah mendorong masyarakat untuk menanam cabai merah di lahan pekarangan. "Dengan meningkatkan produksi lokal, kita bisa mengurangi ketergantungan pada pasokan dari luar kota," tambah Andree.

Inflasi Kota Padang: Angka dan Dampaknya

Data menunjukkan inflasi Kota Padang pada Mei 2024 mengalami kenaikan sebesar 0,7 persen secara bulanan (m-to-m). Secara tahunan (y-to-y), inflasi tercatat sebesar 3,64 persen. Kenaikan harga cabai merah menjadi salah satu kontributor utama dari peningkatan inflasi ini.

Rapat tersebut dihadiri oleh seluruh anggota Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Padang serta stakeholder terkait, yang bersama-sama menyusun rencana aksi untuk mengendalikan inflasi dan memastikan stabilitas harga komoditas di pasaran.

Perspektif Masa Depan

Upaya Pemkot Padang untuk menstabilkan harga cabai merah melalui intervensi pasar, peningkatan hubungan antara petani dan konsumen, serta kerjasama dengan daerah penghasil, diharapkan dapat memberikan hasil yang signifikan. Selain itu, dorongan untuk menanam komoditas penyumbang inflasi oleh masyarakat merupakan langkah strategis untuk memperkuat ketahanan pangan lokal.

Langkah-langkah yang diambil oleh Pj Wali Kota Andree Algamar ini menunjukkan komitmen Pemkot Padang dalam menghadapi tantangan inflasi dan memastikan kestabilan harga bagi masyarakat menjelang momen penting seperti Iduladha.

(Mond)

#Padang #Pangan #Cabai

No comments