Breaking News

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Tinjau Lokasi Banjir Bandang di Sumatera Barat, Berikan Bantuan untuk Korban

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana berangkat ke Sumatera Barat untuk meninjau lokasi banjir bandang dan memberikan bantuan pada Selasa, 21 Mei 2024. (BPMI Setpres)

D'On, Jakarta,-
Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana bertolak menuju Provinsi Sumatera Barat, hari ini Selasa (21/5/2024), untuk meninjau langsung lokasi bencana banjir bandang yang melanda daerah tersebut. Keberangkatan ini menunjukkan komitmen Presiden dalam memberikan perhatian dan bantuan langsung kepada warga terdampak.

Dalam keterangan resmi dari Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, rombongan Presiden lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 06.30 WIB menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Keberangkatan Presiden dan rombongan dilepas oleh beberapa pejabat penting, termasuk Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan, dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Karyoto.

Setibanya di Bandara Internasional Minangkabau, Kabupaten Padang Pariaman, sekitar pukul 08.30 WIB, Presiden dan Ibu Negara langsung menuju Kabupaten Agam, salah satu wilayah yang paling parah terdampak banjir bandang. Perjalanan ini ditempuh dengan menggunakan mobil, memungkinkan Presiden untuk melihat secara langsung kondisi di lapangan dan berinteraksi dengan warga setempat.

Di Kabupaten Agam, Presiden Jokowi meninjau posko tanggap darurat yang didirikan di Lapangan Batu Taba. Di sini, Presiden berdialog dengan petugas dan relawan yang bekerja keras membantu para korban. Presiden juga menyerahkan secara simbolis santunan duka dan bantuan logistik kepada keluarga korban yang kehilangan anggota keluarga mereka akibat bencana ini.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan rasa empatinya yang mendalam kepada para korban dan menegaskan komitmen pemerintah untuk segera melakukan upaya pemulihan. "Kami hadir di sini untuk memastikan bahwa semua kebutuhan dasar warga terdampak terpenuhi dan proses pemulihan berjalan cepat," ujar Presiden.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang turut mendampingi Presiden menyatakan bahwa pemerintah telah mengerahkan berbagai sumber daya untuk membantu korban banjir bandang. Selain itu, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, dan Plt. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana juga hadir mendampingi kunjungan tersebut, memastikan kelancaran dan keamanan perjalanan Presiden.

Usai meninjau lokasi bencana dan memberikan bantuan, Presiden dan Ibu Negara kembali menuju Bandara Internasional Minangkabau pada siang harinya untuk kemudian lepas landas kembali ke Jakarta. Kunjungan singkat namun penuh makna ini diharapkan dapat memberikan semangat dan harapan baru bagi warga yang tengah berjuang memulihkan diri dari bencana.

Keberangkatan rombongan Presiden di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma juga disaksikan oleh Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin dan Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Destianto Nugroho Utomo, menandai betapa pentingnya dukungan lintas instansi dalam penanganan bencana ini.

Kunjungan ini bukan hanya simbolis, melainkan wujud nyata dari kepedulian dan tanggung jawab seorang pemimpin terhadap rakyatnya yang tengah dilanda musibah. Melalui tindakan ini, Presiden Jokowi menunjukkan bahwa pemerintah selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, terutama saat mereka paling membutuhkan.

(Mond)

#Jokowi #SumateraBarat

No comments