Breaking News

Menhan Prabowo Subianto Kembali dari Qatar, Serahkan Bantuan Kemanusiaan ke Korban Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi

Menhan Prabowo Subianto menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada korban banjir lahar dingin Gunung Marapi di Sumatera Barat, Kamis, 16 Mei 2024.

D'On, Padang Pariaman (Sumbar),-
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto kembali dari kunjungannya di Qatar dan langsung bergerak cepat memberikan bantuan kemanusiaan kepada para korban bencana banjir lahar dingin Gunung Marapi yang melanda beberapa wilayah di Provinsi Sumatera Barat. 

"Saya turut berdukacita dan berbelasungkawa atas musibah yang terjadi di Sumatera Barat," ucap Prabowo di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kabupaten Padang Pariaman, Kamis (16/5/2024) seperti dilaporkan oleh Antara.

Prabowo Subianto, yang juga merupakan Presiden terpilih periode 2024-2029, tiba di BIM Kabupaten Padang Pariaman sekitar pukul 10.00 WIB bersama rombongan. Mereka berangkat dari Qatar sekitar pukul 02.00 waktu setempat, menunjukkan kesigapan Prabowo dalam menanggapi bencana yang menimpa tanah air.

Dalam kunjungannya, Prabowo menegaskan komitmennya untuk memberikan bantuan kemanusiaan dari Kementerian Pertahanan. "Kami akan terus memantau perkembangan penanganan bencana ini," tegasnya. Ia juga mengajak semua pihak dan masyarakat untuk berdoa agar musibah serupa tidak terulang. Prabowo turut mendoakan agar keluarga korban bencana lahar dingin tetap tabah menghadapi cobaan yang berat ini.

Bantuan yang diserahkan oleh Prabowo akan disalurkan ke wilayah terdampak bencana hidrometeorologi, termasuk Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, dan Kota Padang Panjang. Bencana yang terjadi pada Sabtu (11/5/2024) malam ini telah menyebabkan kerusakan dan penderitaan yang signifikan bagi warga setempat.

Secara simbolis, Prabowo menyerahkan bantuan kepada bupati Agam dan bupati Tanah Datar di kawasan BIM, Kabupaten Padang Pariaman. Bantuan dari Kementerian Pertahanan meliputi 20 ton beras, 1.000 paket obat-obatan, 600 pasang sepatu boot, 3.000 lembar selimut, 3.000 paket alat mandi, dan 10.000 dus mi instan. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban para korban dan membantu pemulihan kondisi di daerah terdampak.

Sebelumnya, sejak Senin (13/5/2024), Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Uni Emirat Arab (UEA) dan Qatar. Ia didampingi oleh Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, termasuk menghadiri Qatar Economic Forum pada Rabu (15/5/2024). Kunjungan ini menunjukkan peran aktif Prabowo dalam memperkuat hubungan internasional sambil tetap berfokus pada masalah domestik yang mendesak.

Kedatangan Prabowo dengan bantuan kemanusiaan ini menandakan komitmen pemerintah untuk cepat tanggap dalam menangani bencana alam dan memberikan dukungan langsung kepada masyarakat yang terkena dampak. Dukungan dan bantuan yang diberikan diharapkan dapat mempercepat proses pemulihan dan membantu masyarakat bangkit kembali dari bencana yang mereka alami.

(Mond)

#PrabowoSubianto #BencanaAlam #LaharDingin #Sumbar

No comments