Breaking News

Manchester City Raih Gelar Juara Liga Inggris Keenam di Era Guardiola Setelah Taklukkan West Ham United

Pemain Manchester City Rayakan Juara Liga Inggris 2023/2024

D'On, Manchester (Inggris),- Stadion Etihad bergemuruh ketika Manchester City mengamankan gelar Liga Inggris untuk keenam kalinya di bawah kepemimpinan Pep Guardiola, setelah mengalahkan West Ham United dengan skor 3-1, pada Minggu (19/5/2024). Kemenangan ini memastikan City unggul dari pesaing terdekat mereka, Arsenal, yang juga menang 2-1 melawan Everton di Stadion Emirates.*

Laga Penentu Gelar di Etihad

Manchester City menunjukkan performa dominan sejak awal pertandingan. Phil Foden menjadi bintang dengan dua gol cepat, masing-masing pada menit kedua dan ke-17, yang membawa City unggul 2-0. Gol pertama Foden tercipta dari kerja sama apik dengan Bernardo Silva. Umpan silang Silva diteruskan dengan tendangan kaki kiri Foden ke pojok kanan atas gawang, membuat kiper Alphonse Areola tak berdaya.

Gol kedua Foden datang setelah memanfaatkan umpan matang dari Jeremy Doku. Foden dengan tenang menyelesaikan peluang tersebut untuk menggandakan keunggulan City. 

Meski mendominasi, City sempat kebobolan pada menit ke-43. Mohammed Kudus mencetak gol spektakuler melalui tendangan bicycle kick, memanfaatkan kegagalan Josko Gvardiol dalam membuang bola. Gol ini memberikan harapan bagi West Ham, namun City tetap unggul 2-1 hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua: Penguatan Dominasi City

Pada babak kedua, City tetap tampil menyerang. Upaya mereka membuahkan hasil pada menit ke-59 ketika Rodri mencetak gol ketiga. Serangan diawali oleh Kevin De Bruyne dari sisi kanan, yang kemudian mengoper bola ke Bernardo Silva. Silva dengan cermat memberikan umpan kepada Rodri, yang menyelesaikannya dengan tendangan keras kaki kanan. Bola pun bersarang di gawang, menambah keunggulan City menjadi 3-1.

Meskipun Erling Haaland beberapa kali mendapatkan peluang, striker Norwegia ini gagal menambah gol bagi timnya. Tendangan bebas Phil Foden yang disambut oleh tandukan Haaland pada menit ke-83 juga belum mampu mengubah skor.

West Ham sebenarnya mencetak gol pada menit ke-87, tetapi dianulir wasit karena handball. Hingga peluit panjang berbunyi, skor tetap 3-1 untuk kemenangan Manchester City, memastikan mereka sebagai juara Liga Inggris musim ini.

Statistik Musim dan Keberhasilan Guardiola

Dengan kemenangan ini, Manchester City mengakhiri musim dengan 91 poin dari 28 kemenangan, 7 hasil seri, dan hanya 3 kali kalah. Arsenal, meskipun menang 2-1 melawan Everton, harus puas di posisi kedua dengan 89 poin.

Kemenangan Arsenal sendiri cukup dramatis. Everton sempat unggul lebih dulu melalui gol tendangan bebas Idrissa Gueye pada menit ke-40. Namun, Arsenal berhasil membalas sebelum babak pertama usai. Takehiro Tomiyasu menyamakan kedudukan pada menit ke-43 setelah memanfaatkan umpan Martin Odegaard. Kai Havertz kemudian mencetak gol kemenangan bagi Arsenal, memastikan mereka tetap menekan City hingga pertandingan terakhir musim ini.

Gelar ini menjadi yang keenam bagi City di era Guardiola, setelah sebelumnya meraih trofi pada musim 2017/18, 2018/19, 2020/21, 2021/22, dan 2022/23. City juga masih memiliki peluang menambah koleksi trofi mereka musim ini, dengan menghadapi Manchester United di final Piala FA pada 25 Mei 2024 di Stadion Wembley.

Susunan Pemain

Manchester City (4-1-4-1): Stefan Ortega; Kyle Walker, Ruben Dias, Manuel Akanji, Josko Gvardiol; Rodri; Jeremy Doku, Bernardo Silva, Kevin De Bruyne, Phil Foden; Erling Haaland.

West Ham United (3-4-3): Alphonse Areola; Aaron Cresswell, K. Mavropanos, Kurt Zouma; Emerson, Tomas Soucek, James Ward-Prowse, Vladimir Coufal; Lucas Paqueta, Michail Antonio, Mohammed Kudus.

Akhir Musim yang Menggembirakan untuk City

Kemenangan ini menegaskan dominasi Manchester City di kancah Liga Inggris. Dukungan penuh dari para fans di Stadion Etihad menjadi saksi keberhasilan tim asuhan Pep Guardiola, yang kini bersiap menghadapi tantangan berikutnya di final Piala FA. West Ham United, meski kalah, mengakhiri musim dengan posisi terhormat di urutan kesembilan dengan 52 poin.

Kisah sukses Manchester City musim ini merupakan bukti kepiawaian Guardiola dalam meramu strategi dan memaksimalkan potensi pemain. Dengan semangat dan performa seperti ini, City diprediksi akan terus menjadi kekuatan dominan di liga dalam beberapa tahun ke depan.

(Mond)

#ManchesterCity #LigaInggris #Sepakbola #Olahraga

No comments