Breaking News

Jalan Negara di Silaiang Sumatera Barat Segera Bisa Dilewati Kendaraan Roda Dua

Wagub Sumatera Barat Audy Joinaldy

D'On, Padang (Sumbar),-
Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy, mengungkapkan bahwa jalan negara yang amblas akibat banjir bandang di Silaiang akan segera bisa dilewati oleh kendaraan roda dua. Hal ini disampaikan berdasarkan koordinasinya dengan Direktur Jendral Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Upaya Intensif Perbaikan Jalan

Dalam konferensi pers yang digelar di Padang, Minggu (19/5), Audy Joinaldy menjelaskan bahwa perbaikan jalan yang terdampak banjir bandang terus dilakukan dengan intensif. "Sekarang perbaikan terus dilakukan. Diperkirakan dalam satu minggu ke depan sudah bisa dilewati kendaraan roda dua," katanya.

Dampak Banjir Bandang di Silaiang

Banjir bandang yang melanda Silaiang beberapa waktu lalu mengakibatkan kerusakan parah pada infrastruktur jalan. Amblasnya jalan negara ini menyebabkan gangguan besar terhadap mobilitas warga dan distribusi logistik di daerah tersebut. Pemerintah setempat bersama dengan PUPR bergerak cepat untuk mengatasi masalah ini demi mengembalikan kelancaran transportasi.

Kerjasama Pemerintah Pusat dan Daerah

Audy Joinaldy mengapresiasi kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah dalam menangani dampak bencana ini. "Kerjasama yang solid antara pemerintah pusat dan daerah sangat penting untuk pemulihan infrastruktur pasca bencana. Kami berterima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah merespon cepat kebutuhan perbaikan jalan di Silaiang," ujar Audy.

Langkah-Langkah Penanganan Darurat

Dalam upaya mempercepat proses perbaikan, tim Bina Marga Kementerian PUPR telah mengerahkan berbagai alat berat dan tenaga kerja tambahan ke lokasi bencana. Fokus utama saat ini adalah memastikan jalan tersebut dapat dilewati oleh kendaraan roda dua, yang sangat vital untuk mobilitas masyarakat sehari-hari. Pengerjaan dilakukan siang dan malam demi mempercepat pemulihan akses jalan.

Harapan Masyarakat

Masyarakat Silaiang menyambut baik kabar ini. Bagi mereka, jalan yang dapat dilewati kembali menjadi harapan untuk bangkit dari dampak bencana. Warga setempat berharap perbaikan jalan dapat segera tuntas, sehingga aktivitas ekonomi dan sosial dapat kembali normal.

Rencana Jangka Panjang

Pemerintah juga telah merencanakan langkah-langkah jangka panjang untuk memperkuat infrastruktur di wilayah yang rawan bencana. Audit terhadap kondisi jalan dan pembangunan sistem drainase yang lebih baik menjadi fokus utama agar kejadian serupa tidak terulang di masa depan.

Perbaikan jalan negara di Silaiang pasca banjir bandang menunjukkan respon cepat dan koordinasi yang baik antara berbagai pihak terkait. Diperkirakan dalam satu minggu ke depan, jalan tersebut sudah bisa dilewati oleh kendaraan roda dua, memberikan harapan bagi masyarakat untuk kembali beraktivitas dengan normal. Pemerintah terus berkomitmen untuk melakukan perbaikan infrastruktur demi kenyamanan dan keselamatan warga Sumatera Barat.

(Mond)

#Infrastruktur #LembahAnai #SumateraBarat

No comments