Breaking News

Disperpusip Gelar Lomba Video Pendek: Eksplorasi Sejarah Kota Padang Melalui Lensa Kreatif

Kadis Perpustakaan dan Arsip Ferry Mulyani

D'On, Padang (Sumbar),-
Dalam rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun Kota Padang yang ke-355, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang (Disperpusip) menggelar sebuah acara istimewa yang ditujukan untuk menggali dan menyebarluaskan sejarah kota tercinta ini. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, M. Ferimulyani Hamid, mengumumkan pelaksanaan Lomba Video Pendek bertema "Padang dalam Catatan dan Fakta Sejarah" pada konferensi pers yang berlangsung di kantornya pada Selasa, 28 Mei 2024.

Menyajikan Sejarah Lewat Layar Kecil

Dalam penjelasannya, Ferimulyani Hamid mengungkapkan bahwa lomba ini bertujuan untuk mengajak masyarakat menyajikan literasi sejarah Kota Padang dalam format yang lebih menarik dan mudah diakses, yaitu video pendek berdurasi lima menit. "Kami berharap, dengan adanya lomba video ini, masyarakat dapat lebih mengenal dan memahami sejarah Kota Padang secara menarik dan informatif," katanya.

Ferimulyani juga menekankan pentingnya inovasi dalam penyajian sejarah. "Biasanya, karya historiografi dituangkan dalam bentuk tulisan seperti artikel, makalah, jurnal, atau buku. Namun, di era digital ini, kita perlu mengalihmediakan karya-karya tersebut ke dalam bentuk yang lebih visual dan interaktif, seperti video pendek," ujarnya.

Sejarah di Era Digital

Lomba ini diadakan sebagai respon terhadap kebutuhan masyarakat akan informasi yang praktis dan mudah diakses. Menurut Ferimulyani, "Hasil riset sejarah akan lebih mudah, menarik, dan efektif untuk diinformasikan kepada masyarakat melalui video. Kehadiran video dalam kehidupan manusia modern sangat penting dan setara dengan media informasi lainnya."

Dengan mengusung tema yang menggabungkan catatan sejarah dan fakta, lomba ini juga bertujuan untuk meningkatkan promosi minat baca di Kota Padang. "Kami berharap lomba ini dapat berdampak pada meningkatnya literasi historiografi masyarakat. Apalagi, video dapat menyajikan informasi dengan cara yang lebih menarik dan setara dengan media informasi lainnya," jelas Ferimulyani.

Syarat dan Ketentuan Lomba

Lomba ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Peserta dapat berpartisipasi secara individu maupun kelompok, dengan mendaftar melalui tautan [pendaftaran](http://festivalceritadispusippadang.wordpress.com) yang telah disiapkan panitia. Berikut adalah beberapa syarat dan ketentuan lomba:

1. Objek video harus berada di Kota Padang, dengan masa produksi dari tahun 2023 hingga batas akhir pengiriman karya.

2. Peserta wajib mengikuti akun Instagram @perpustakaankotapadang dan @dispusippadang, serta memastikan akun media sosial tidak dikunci.

3. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirimkan satu video.

Pendaftaran lomba dibuka mulai tanggal 28 Mei hingga 28 Juni 2024. Penilaian akan dilakukan setelah pendaftaran ditutup, dan pengumuman pemenang akan disampaikan dalam rangkaian acara HUT Kota Padang.

Dampak Positif Lomba

Ferimulyani Hamid berharap lomba ini dapat membantu masyarakat melihat sejarah dengan cara yang lebih baik dan menarik. "Dengan menciptakan ruang dan kemasan baru, sejarah bisa menjadi konsumsi informasi yang lebih mudah diterima oleh masyarakat. Kami yakin, lomba pembuatan video sejarah ini akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan literasi masyarakat," tutupnya.

Dengan semangat menggali dan menyebarkan sejarah melalui media digital, Disperpusip Kota Padang mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam lomba ini, menjadikan sejarah Kota Padang lebih hidup dan menarik untuk dinikmati oleh generasi saat ini dan mendatang.

(*)

#Perpustakaan #Padang #VidioKreatif

No comments