Breaking News

TNI-Polri Siap Ciptakan Rasa Aman selama Mudik Lebaran 2024


D'On, Bali,-
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan komitmen TNI-Polri untuk memberikan rasa aman kepada warga yang melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024. Dalam upaya menciptakan rasa aman tersebut, TNI-Polri siap untuk mengantisipasi potensi gangguan kriminalitas selama arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Menurut Sigit, TNI-Polri akan menempatkan personelnya di titik-titik pusat arus mudik dan balik Lebaran 2024. Mereka akan berada di tempat istirahat pemudik, lokasi yang dianggap rawan terhadap kerawanan kriminalitas, serta titik-titik arus mudik yang rawan kemacetan. Langkah ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan perjalanan mudik bagi masyarakat.

"Terkait potensi kerawanan kriminalitas harus kita antisipasi. Saya kira kami dibantu Pak Panglima, baik di pusat maupun jajaran, tentunya mengambil langkah antisipasi terkait kerawanan," kata Sigit usai meninjau Pelabuhan Gilimanuk-Ketapang, Bali, Kamis (4/4/2024)

Lebih lanjut, Sigit menyatakan bahwa pihaknya juga telah menyiapkan pos pelayanan dan pengamanan guna memastikan perjalanan mudik aman dan nyaman. Selain itu, TNI-Polri juga akan melakukan patroli pengamanan baik dengan berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan roda dua. Hal ini dilakukan agar masyarakat yang mengalami gangguan keamanan dapat segera melaporkan, serta untuk memastikan keberadaan TNI-Polri selalu terjaga di sepanjang perjalanan.

Di sisi lain, Sigit juga mengimbau kepada masyarakat untuk menitipkan kendaraan atau melaporkan rumah kosong kepada aparat berwajib setempat jika ditinggalkan untuk mudik. Hal ini bertujuan untuk memastikan keamanan barang berharga dan rumah yang ditinggalkan, serta agar menjadi rute patroli bagi anggota TNI-Polri. Dengan demikian, saat pemudik kembali, kondisi keamanan rumah dan barang bawaan dapat tetap terjaga.

Dengan langkah-langkah ini, Kapolri menegaskan bahwa TNI-Polri siap untuk memberikan perlindungan dan rasa aman kepada masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024.

(*)

#Polri #TNI #Mudik