Breaking News

Perayaan Idulfitri Diprediksi pada Hari Rabu, Saat Keselarasan Hilal Memenuhi Kriteria MABIMS

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki (Foto: Istimewa)

D'On, Jakarta,-
Wakil Menteri Agama (Wamenag), Saiful Rahmat Dasuki, dengan penuh keyakinan menyampaikan bahwa kondisi hilal saat ini sesuai dengan standar MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). Dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta pada hari Selasa, 9 April 2024, Saiful menjelaskan secara rinci mengenai kriteria hilal yang memenuhi syarat untuk penetapan 1 Syawal 1445 Hijriah.

"Berdasarkan pengamatan kami, ketinggian hilal berada dalam rentang 4 derajat 52,7 menit hingga 7 derajat 37,8 menit, dengan elongasi berkisar antara 8 derajat 23,68 menit hingga 10 derajat 12,94 menit," kata Saiful, memberikan analisis yang mendalam terhadap fenomena astronomis ini.

Dengan menggunakan data yang teliti, Saiful memprediksi bahwa tanggal 1 Syawal 1445 Hijriah akan jatuh pada esok hari, Rabu, 10 April 2024. Namun, ia juga menegaskan bahwa penetapan Idulfitri akan diputuskan secara resmi dalam sidang isbat yang akan diselenggarakan pada sore hari.

"Pengumuman resmi akan dilakukan malam ini dalam sidang isbat. Namun, kami sudah melakukan persiapan menyelenggarakan salat Idulfitri di Masjid Istiqlal, yang diharapkan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, serta pejabat tinggi negara dan para duta besar negara sahabat," jelasnya.

Dengan informasi yang terperinci dan antisipasi atas perayaan yang akan datang, masyarakat Indonesia diajak untuk menanti dengan penuh kegembiraan perayaan Idulfitri yang semakin dekat.

(*)

#IdulFitri2024 #Nasional

No comments