Breaking News

Irlandia dan Norwegia Mempererat Kedekatan untuk Mengakui Negara Palestina

Fan memperlihatkan solidaritas dengan Palestina dengan mengibarkan bendera pada pertandingan melawan Hearts di Tynecastle pada hari Minggu.

D'On, Dublin (Irlandia,),-
Dalam pertemuan terpisah dengan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, pemimpin dari Irlandia dan Norwegia menegaskan komitmen mereka untuk mendukung pengakuan negara Palestina. Setelah pertemuan di Dublin, Perdana Menteri Irlandia Simon Harris menyampaikan keinginan negaranya untuk segera mengakui Palestina, menyatakan bahwa langkah tersebut semakin dekat. Dia menegaskan bahwa rakyat Palestina telah lama menantikan kedaulatan mereka sendiri, dan Irlandia bersama Spanyol berkomitmen untuk memberikan dukungan.

Sementara itu, Pedro Sanchez menyampaikan pesan serupa setelah bertemu dengan pemimpin Norwegia di Oslo. Norwegia, yang sebelumnya menjadi tuan rumah perundingan perdamaian Israel-Palestina pada tahun 1990-an, juga menegaskan kesiapannya untuk mengakui Palestina sebagai negara merdeka. Perdana Menteri Norwegia, Jonas Gahr Store, menyatakan bahwa negaranya bersama dengan Spanyol siap untuk mengambil langkah tersebut.

Langkah-langkah ini muncul di tengah kekhawatiran global atas situasi di Gaza dan semakin banyaknya negara di Eropa yang mempertimbangkan pengakuan terhadap Palestina. Bulan lalu, Spanyol, Irlandia, Malta, dan Slovenia menyatakan komitmennya untuk bersama-sama berupaya mengakui Palestina. Mereka menyatakan kesiapan untuk mengambil langkah tersebut saat kondisi memungkinkan.

Namun, langkah-langkah ini tidak tanpa kontroversi. Israel telah menanggapi dengan keras, menyebutnya sebagai hadiah bagi terorisme. Meskipun demikian, dukungan untuk pengakuan Palestina semakin menguat di komunitas internasional, dengan 139 dari 193 negara anggota PBB telah mengakui Palestina sebagai sebuah negara.

Pernyataan dari para pemimpin negara-negara Eropa ini menunjukkan bahwa momentum untuk mengakui Palestina semakin kuat, dan mereka siap untuk mendukung Palestina dalam upaya mereka untuk menjadi anggota penuh PBB.

(*)

#Internasional #NegaraPalestina #Irlandia #Norwegia

No comments