Breaking News

Operasi Keselamatan Singgalang 2024: Meningkatkan Kesadaran Berlalu Lintas di Sumatera Barat

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan 

D'On, Sumbar),-
Ditlantas Polda Sumatera Barat (Sumbar) telah meluncurkan Operasi Keselamatan Singgalang 2024, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kedisiplinan berlalu lintas. Operasi ini berlangsung selama 14 hari, dimulai dari tanggal 4 hingga 17 Maret 2024.

Kombes Pol. Dwi Sulistyawan, Kabid Humas Polda Sumbar, mengungkapkan bahwa operasi ini tidak hanya berfokus pada penindakan pelanggaran lalu lintas, tetapi juga pada penyuluhan dan sosialisasi kepada pengendara. Dalam keterangan resminya pada Rabu, 6 Maret 2024, ia menegaskan pentingnya kepatuhan terhadap aturan lalu lintas, seperti mematuhi rambu-rambu, menggunakan sabuk pengaman, mengenakan helm, menghindari melawan arus, tidak menggunakan handphone saat berkendara, dan mengemudi dalam keadaan sadar.

Kabid Humas menambahkan bahwa petugas Ditlantas tidak hanya melakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran, tetapi juga turun langsung ke jalan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat dengan membagikan brosur. Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya berlalu lintas yang aman dan tertib.

Dia juga berharap agar kesadaran tersebut tidak hanya bersifat situasional karena adanya kehadiran petugas, tetapi menjadi sikap yang melekat dalam perilaku sehari-hari. Petugas juga akan menggunakan pengeras suara untuk memberikan arahan dan himbauan kepada pengendara di berbagai titik jalur yang menjadi fokus operasi.

Operasi Keselamatan Singgalang 2024 merupakan bagian dari komitmen Polda Sumbar untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dan melindungi keselamatan masyarakat. Dengan meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan berlalu lintas, diharapkan dapat menciptakan lingkungan berlalu lintas yang lebih aman dan tertib bagi semua pihak.

(*)

#PoldaSumbar #OperasiKeselamatanSinggalang2024 #Sumbar