Breaking News

Mengatasi Kesulitan dengan Doa dalam Kehidupan

Ilustrasi Berdoa 

Dirgantaraonline,-
Dalam perjalanan hidup, tidak jarang seseorang dihadapkan pada berbagai tantangan dan cobaan yang kadang tidak terduga. Ketika merasa terpuruk dalam kesulitan, seorang muslim dianjurkan untuk memohon keringanan kepada Allah SWT dan bersabar. Salah satu doa yang dianjurkan dalam menghadapi situasi sulit adalah yang terdapat dalam Surat Al-Baqarah ayat 286:

Surat Al-Baqarah ayat 286:

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِن نَّسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَاۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

Rabbanaa laa tu’aakhidznaa in nasiinaa au akhtha’naa. Rabbanaa wa laa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘alaa alladziina min qablina. Rabbanaa wa laa tuhammilnaa maa laa thaa qatalanaa bihi. Wa’fu’annaa, waghfirlanaa, warhamnaa, anta maulaanaa fanshurnaa ‘alaa al-qaumi al-kaafiriin.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat, sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

Dalam situasi kesulitan, sebagian orang mengambil inspirasi dari kisah Nabi Yunus ketika ditelan oleh seekor ikan besar. Meskipun dalam kondisi sulit, doa Nabi Yunus menggambarkan penyerahan diri kepada Allah dengan penuh kesadaran akan dosa:

Doa Nabi Yunus:

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Laa ilaaha illa Anta, subhanaka innii kuntu minaz zalimim.

Artinya:

"Tidak ada tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim" (QS Al-Anbiya’ 87).

Dalam menghadapi kesulitan, baik doa Nabi Yunus maupun doa dalam Surat Al-Baqarah ayat 286 menjadi sumber ketenangan dan harapan bagi umat Islam. Dengan penyerahan diri kepada kehendak Allah dan memohon ampunan-Nya, diharapkan kesulitan dapat diatasi dan diubah menjadi anugerah serta pelajaran berharga dalam perjalanan hidup.

(Rini)

#Doa #Islami #Religi #Global