Breaking News

Memahami Ziarah Kubur: Tradisi Umat Islam dan Makna Doanya

Ilustrasi ziarah kubur 

Dirgantaraonline,-
Di Indonesia, menjelang bulan Ramadan, umat Muslim sering melaksanakan ziarah kubur, sebuah praktik yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw. Ziarah ini menjadi sebuah tradisi yang dilakukan umat Islam di Indonesia, di mana mereka mengunjungi makam orang-orang terdekat untuk mengirimkan doa. Praktik ini bertujuan untuk memperoleh hikmah dan mengingatkan akan kematian dan akhirat.

Meskipun beberapa masyarakat Muslim mengkhususkan waktu sebelum Ramadan untuk melaksanakan ziarah kubur, namun tidak ada waktu khusus yang ditetapkan dalam ajaran Islam untuk melakukan ziarah. Rasulullah Saw tidak menetapkan waktu tertentu untuk ziarah kubur, sehingga umat Islam bebas melaksanakannya kapan pun tanpa adanya larangan untuk melakukannya pada hari tertentu.

Pada awalnya, Rasulullah Saw melarang umatnya untuk melakukan ziarah kubur karena pada masa itu, mereka masih terpengaruh oleh tradisi jahiliah yang sering kali mengekspresikan kata-kata kotor dan keji. Namun, setelah umatnya memeluk Islam, Rasulullah Saw mengizinkan ziarah kubur sebagai bentuk pengingat akan kematian dan akhirat.

Dalam riwayat At-Tirmidzi, disebutkan:

Ł‚َŲÆْ ŁƒُŁ†ْŲŖُ Ł†َŁ‡َŁŠْŲŖُŁƒُŁ…ْ Ų¹َŁ†ْ Ų²ِŁŠَŲ§Ų±َŲ©ِ Ų§Ł„ْŁ‚ُŲØُŁˆŲ±ِ ŁَŁ‚َŲÆْ Ų£ُŲ°ِŁ†َ Ł„ِŁ…ُŲ­َŁ…َّŲÆٍ ŁِŁŠ Ų²ِŁŠَŲ§Ų±َŲ©ِ Ł‚َŲØْŲ±ِ Ų£ُŁ…ِّŁ‡ِ ŁَŲ²ُŁˆŲ±ُŁˆŁ‡َŲ§ ŁَŲ„ِŁ†َّŁ‡َŲ§ ŲŖُŲ°َŁƒِّŲ±ُ Ų§Ł„ْŲ¢Ų®ِŲ±َŲ©َ

"Qad kuntun nahaītukum 'an ziārati al-qubūr faqad uzhina li-Muhammadin fī ziārati qabri ummihi fazzūrūhā fa innahā tudzakkiru al-ākhirah."

Artinya: "Aku dulunya melarang kalian untuk ziarah kubur. Sekarang telah diizinkan bagi Muhammad untuk mengunjungi kuburan ibunya, maka ziarahilah, karena itu akan mengingatkan pada akhirat."

Doa yang biasa dibaca saat ziarah kubur:

1. Membaca salam:

   Ų§Ł„Ų³َّŁ„Ų§Ł…ُ Ų¹َŁ„َŁŠْŁƒُŁ…ْ ŲÆَŲ§Ų±َ Ł‚َŁˆْŁ…ٍ Ł…ُŲ¤ْŁ…ِŁ†ŁŠŁ†َ ŁˆَŲ£ŲŖŲ§ŁƒُŁ…ْ Ł…Ų§ ŲŖُŁˆŲ¹َŲÆُŁˆŁ†َ ŲŗَŲÆŲ§ً Ł…ُŲ¤َŲ¬َّŁ„ُŁˆŁ†َ ŁˆَŲ„Ł†َّŲ§ Ų„Ł†ْ Ų“Ų§Ų”َ Ų§Ł„Ł„َّŁ‡ُ ŲØِŁƒُŁ…ْ Ł„Ų§Ų­Ł‚ُŁˆŁ†َ  

"Assalamu'alaƬkum dara qaumƬn mu'mƬnƮn wa atakum ma tu'adun ghadan mu'ajjalun, wa Ƭnna Ƭnsya-Allahu bƬkum lahƬqun."

2. Membaca istighfar:

   Ų£َŲ³ْŲŖَŲŗْŁِŲ±ُ Ų§Ł„Ł„Ł‡َ Ų§Ł„Ų¹َŲøِŁŠْŁ…َ Ų§َŁ„َّŲ°ِŁŠ Ł„Ų¢ Ų„ِŁ„َŁ‡َ Ų„ِŁ„َّŲ§ Ł‡ُŁˆَ Ų§ْŁ„Ų­َŁŠُّ Ų§ْŁ„Ł‚َŁŠُّŁˆْŁ…ُ ŁˆَŲ£َŲŖُŁˆْŲØُ Ų„ِŁ„َŁŠْŁ‡ِ  

"Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi"


3. Membaca surah Al-Fatihah

4. Membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas

5. Membaca kalimat tahlil:

   Ł„َŲ§ Ų„ِŁ„َŁ‡َ Ų„ِŁ„َّŲ§ Ų§Ł„Ł„Ł‡َ

   "Laailaaha Illallah"

6. Membaca doa ziarah kubur:

   Ų§َŁ„Ł„َّŁ‡ُŁ…َّ  Ų§ŲŗْŁِŲ±ْ Ł„َŁ‡ُ ŁˆَŲ§Ų±ْŲ­َŁ…ْŁ‡ُ ŁˆَŲ¹َŲ§ŁِŁ‡ِ ŁˆَŲ§Ų¹ْŁُ Ų¹َŁ†ْŁ‡ُ، ŁˆَŲ£َŁƒْŲ±ِŁ…ْ Ł†ُŲ²ُŁ„َŁ‡ُ، ŁˆَŁˆَŲ³ِّŲ¹ْ Ł…َŲÆْŲ®َŁ„َŁ‡ُ، ŁˆَŲ§ŲŗْŲ³ِŁ„ْŁ‡ُ ŲØِŲ§Ł„ْŁ…َŲ§Ų”ِ ŁˆَŲ§Ł„Ų«َّŁ„ْŲ¬ِŁˆَŲ§Ł„ْŲØَŲ±َŲÆِ، ŁˆَŁ†َŁ‚ِّŁ‡ِ Ł…ِŁ†َ Ų§Ł„Ų°ُّŁ†ُŁˆŲØِŁˆŲ§Ł„ْŲ®َŲ·َŲ§ŁŠَŲ§ ŁƒَŁ…َŲ§ ŁŠُŁ†َŁ‚َّŁ‰ Ų§Ł„Ų«َّŁˆْŲØُ Ų§Ł„ْŲ£َŲØْŁŠَŲ¶ُ Ł…ِŁ†َ Ų§Ł„ŲÆَّŁ†َŲ³ِ،

"AllahummaghfƬrlahu war hamhu wa 'aafƬhƬƬ wa'fu anhu, wa akrƬm nuzuulahu wawassƬ' madholahu, waghsƬlhu bƬl maa'Ƭ watssaljƬ walbaradƬ, wa naqqƬhƬ, mƬnaddzzunubƬ wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mƬnad danasƬ."


#ZiarahKubur #Ramadan #Global #Islami #Religi #Tradisi