Breaking News

Gerhana Bulan Penumbra dan Gerhana Matahari akan Muncul pada Bulan Ramadhan 2024

Ilustrasi gerhana 

D'On, Jakarta,-
Ramadan tahun 2024 akan menjadi momen istimewa dengan munculnya dua fenomena alam langka: Gerhana Bulan Penumbra dan Gerhana Matahari. Menurut akun @InfoAstronomy, Gerhana Bulan Penumbra dijadwalkan akan terjadi pada 25 Maret 2024, diikuti oleh Gerhana Matahari total pada 8 April 2024.

Para ahli menegaskan bahwa kedua fenomena alam ini tidak akan menyebabkan bencana dan tidak memiliki dampak langsung yang signifikan terhadap Bumi. Gerhana adalah hasil dari kesejajaran objek langit, seperti Matahari, Bumi, dan Bulan.

Namun, sayangnya, warga Indonesia tidak akan dapat menyaksikan kedua gerhana ini secara langsung. Gerhana Bulan Penumbra terjadi saat siang hari di Indonesia, sedangkan Gerhana Matahari terjadi di malam hari.

Tetapi, perlu diingat bahwa gerhana yang terjadi selama Bulan Ramadan sangatlah langka. Dalam 100 tahun terakhir, hanya terjadi 10 kali pasangan gerhana yang bertepatan dengan Ramadan.

Meskipun tidak dapat disaksikan langsung, fenomena ini tetap mengundang minat dan kekaguman dari masyarakat global atas keajaiban alam yang terjadi di luar angkasa.

(*)

#Gerhana #Sains #Global