Breaking News

WhatsApp Menghentikan Dukungan untuk Ponsel Android Lawas: Alternatif Percakapan Instan yang Dapat Digunakan

Ilustrasi Aplikasi WeChat

Dirgantaraonline,-
Aplikasi pesan instan paling populer, WhatsApp, telah mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan dukungan untuk sejumlah ponsel cerdas atau smartphone berbasis Android yang lebih tua, mulai 1 Maret 2024. Kebijakan ini, menurut pernyataan resmi WhatsApp, dilakukan secara rutin untuk memastikan pembaruan fitur dan antarmuka sistem WhatsApp tetap terjaga.

"Pemblokiran ini diperlukan karena perangkat dan perangkat lunak terus berkembang, sehingga kami secara berkala meninjau sistem operasi mana yang akan kami dukung dan melakukan pembaruan," ungkap WhatsApp dalam pernyataan mereka.

WhatsApp mendorong pengguna yang menggunakan sistem operasi yang sudah ketinggalan zaman untuk segera memperbarui sistem mereka agar tetap dapat menggunakan aplikasi WhatsApp. Namun, bagi pengguna yang tidak dapat melakukan pembaruan sistem atau memiliki keterbatasan untuk membeli perangkat baru, WhatsApp merekomendasikan beberapa alternatif percakapan instan gratis yang dapat diunduh.

Berikut adalah beberapa alternatif yang disarankan:

1. Telegram: 

Telegram, yang saat ini sedang populer, menawarkan fitur yang tak kalah lengkap dari WhatsApp serta sistem keamanan privasi yang terjamin.

2. Facebook Messenger: 

Dibuat oleh Meta, Facebook Messenger adalah aplikasi percakapan instan yang dapat digunakan pada sistem lawas Android 5 ke bawah. Fitur percakapan ini juga dapat digunakan secara terpisah dari aplikasi utama Facebook.

3. Google Messages: 

Sebagai aplikasi bawaan pada smartphone Android, Google Messages menawarkan fungsi serupa dengan aplikasi percakapan instan lainnya, serta menyimpan semua pesan dalam akun Google pengguna.

4. Discord: 

Meskipun populer di kalangan gamers, Discord juga dapat digunakan untuk pertukaran pesan, foto, video, dan dokumen. Namun, Discord hanya kompatibel dengan OS Android 6 ke atas.

5. WeChat: 

Selain fitur pesan instan pada umumnya, WeChat menawarkan fitur Nearby People yang memungkinkan pengguna untuk bertemu dengan orang baru.

Dengan alternatif-alternatif ini, pengguna yang terkena dampak penghentian dukungan WhatsApp dapat tetap terhubung dengan teman dan keluarga mereka melalui aplikasi percakapan instan lainnya yang masih didukung oleh perangkat mereka.

(Rini)

#Tekno #Android #WhatsAppDiblokir