Breaking News

Tabuhkan Genderang Perang Terhadap Knalpot Recing, Puluhan Kendaraan Diamankan

Satlantas Polresta Padang Amankan Puluhan Kendaraan yang Gunakan Knalpot Brong 

D'On, Padang (Sumbar),-
Genderang perang terhadap pengguna knalpot bising di Kota Padang terus ditabuh polisi. Sejumlah motor diangkut polisi usai kedapatan menggunakan knalpot tak standar.

Pada Rabu  (10/1/2024), polisi menjaring puluhan sepeda motor berknalpot bising di dari beberapa titik Kota Padang. Kasatlantas Polresta Padang Kompol Alfin memimpin langsung kegiatan  patroli dan penertiban  ini.

"Kita lakukan ini adalah penindakan terhadap kendaraan motor yang menggunakan knalpot bising, dan juga hal ini sesuai dengan dalam Maklumat yang ditandatangani oleh Kapolda Sumatera Barat (Sumbar)," ungkapnya.

Dalam Maklumat tersebut bertuliskan  bahwa dengan mempertimbangkan maraknya penggunaan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi teknis (bising/brong) di jalan sehingga dapat mengganggu ketentraman di masyarakat maka diperlukan penegasan dan pengaturan.

Dan guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat serta terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

"Sesuai pasal 285 UU Lalu lintas Angkutan Jalan yang mana tidak sesuai dengan kelayakan teknis. Rata rata kendaraan yang kita tindak adalah knalpot yang sudah diganti dari knalpot standar ke knalpot racing atau bubukan," sambung dia.

Alfin mengatakan penindakan ini bertujuan untuk menciptakan kenyamanan dan ketertiban dalam berlalu lintas di Kota Padang. Selain itu, kegiatan ini juga untuk mencegah kegiatan kelompok bermotor yang kerap meresahkan masyarakat.

"Kita antisipasi, anak-anak muda yang sering konvoi konvoi motor track-track-an maupun kegiatan kegiatan geng motor," katanya.

Alfin menuturkan, pihaknya kerap mendapat laporan dari masyarakat adanya aktivitas pemuda-pemuda, yang menggunakan knalpot bising. Pihaknya pun segera menindaklanjuti keluhan itu, dengan lakukan razia terhadap kendaraan knalpot bising.

"Dalam dua hari kita sudah mengamankan ada sekitar 90 

kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot racing. Selain itu, penindakannya kita pembinaan di kantor, kita minta mengganti knalpot dengan knalpot standar," katanya.

Pihaknya terus konsisten melaksanakan kegiatan ini, karena tadi kita untuk mengantisipasi kegiatan ikutan seperti track-trackan, geng motor yang bisa juga sampai tawuran.

"Bahkan tadi kita mengamankan kendaraan knalpot brong yang plat Nomornya palsu, semuanya kita kandangkan dan kita tilang," ujarnya.


(Herru Irawan)


#KnalpotBrong #PolrestaPadang