Breaking News

Kritik Luhut Terhadap Kredibilitas Intelektual Tom Lembong

Luhut Binsar Pandjaitan 

D'On, Jakarta,-
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan merespon kontroversi terkait harga nikel dengan menunjukkan kekhawatirannya terhadap Thomas Lembong, yang saat ini berperan sebagai Co-Captain Timnas Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN). Luhut secara terperinci menyoroti informasi yang dianggapnya keliru dari Tom Lembong, terutama terkait tren harga nikel.

"Jadi saya gak ngerti bagaimana Tom Lembong memberikan statement seperti itu bagaimana anda memberikan advice bohong kepada calon pemimpin yang anda dukung saya sedih melihat anda di situ artinya intelektualitas anda itu menurut saya jadi diragukan," kata Luhut dalam sebuah postingan di Instagram @luhut.pandjaitan, dikutip Kamis (25/1/2024).

Pernyataan Luhut menekankan bahwa Tom Lembong seharusnya mempertimbangkan data jangka panjang terkait harga komoditas, khususnya nikel. Dia menunjukkan bahwa selama 10 tahun terakhir, harga nikel dunia mengalami kenaikan, terutama selama periode 2014-2019 saat pemerintah Indonesia mulai menerapkan kebijakan hilirisasi. Luhut menilai bahwa Tom Lembong memberikan "advice bohong" kepada calon pemimpin yang didukungnya.

Tidak hanya mempertanyakan intelektualitas Tom Lembong, Luhut juga meragukan karakternya. Bahkan, cucunya mengeluarkan kritik terhadap mantan menteri yang menjelek-jelekan pemerintahannya sendiri. Hal ini menyoroti perpecahan internal dan pertentangan di antara tokoh-tokoh politik di Indonesia.

Sebaliknya, Tom Lembong menyoroti dampak negatif dari kebijakan hilirisasi, menyebutnya sebagai 'Senjata Makan Tuan' yang merugikan Indonesia. Meskipun mengakui program hilirisasi sebagai bagian dari visi-misi AMIN, Tom menekankan perlunya melakukannya tanpa ugal-ugalan.

Kontroversi ini mencerminkan perbedaan pandangan dalam hal kebijakan ekonomi, terutama terkait hilirisasi, dan menegaskan kompleksitas dinamika politik di Indonesia.

(mond)


#LuhutBinsarPandjaitan #TomLembong #Nikel #Politik