Breaking News

Israel di Ambang 'Ledakan Politik', Kejatuhan Netanyahu Menunggu Waktu

Perdana Mentri Israel Benjamin Netanyahu Diguncang isu Politik karena perang Israel-Hamas

D'On, Israel,-
Serangan paling mematikan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober 2023 tak hanya berbuntut perang yang telah berlangsung lebih dari 100 hari, tetapi juga membuat posisi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berada di ujung tanduk.

Warga Israel masih belum pulih dari terbunuhnya sekitar 1.200 orang, kebanyakan dari mereka adalah warga sipil dan penculikan 240 orang lainnya, termasuk anak-anak dan orang tua. Serangan itu memicu kampanye militer Israel yang menewaskan hampir 24.000 warga Palestina.

Terkejut dengan kegagalan keamanan besar-besaran, banyak yang menginginkan Netanyahu mundur.

Sebuah jajak pendapat yang diterbitkan oleh Institut Demokrasi Israel non-partisan pada 2 Januari 2024 menunjukkan hanya 15% warga Israel yang menginginkan Netanyahu tetap menjabat setelah perang melawan Hamas berakhir, sejalan dengan survei sebelumnya yang menunjukkan popularitasnya turun tajam.

Namun pemimpin yang diperangi tersebut, yang selama bertahun-tahun mengusung citra Mr. Security, tidak menunjukkan tanda-tanda ingin meninggalkan negaranya.

"Dia pemberontak. Tampaknya dia mengambil keputusan strategis untuk bertahan hidup secara politik bahkan saat ini. Saya pikir itu adalah tujuan yang aneh dan cepat atau lambat saya yakin rekan-rekannya akan mengatakan kepadanya bahwa waktunya sudah habis," kata analis politik Amotz Asa-El, dilansir Reuters, Selasa (16/1/2024).

Perubahan politik tampaknya tidak mungkin terjadi dalam waktu dekat sementara pertempuran di Gaza masih berlangsung. Sementara itu, Netanyahu telah berjanji untuk melanjutkan perang sampai kemenangan penuh atas Hamas dan kepala keamanan memperingatkan bahwa pertempuran akan berlangsung hingga tahun 2024.

Namun ada tanda-tanda dalam pemerintahan Netanyahu bahwa ada beberapa orang yang berebut posisi.

Laporan perselisihan dalam kabinet keamanan telah bocor ke pers Israel dan menteri kepolisian sayap kanan Itamar Ben-Gvir, yang sebagian besar tidak terlibat dalam keputusan perang, telah mengecam Benny Gantz, mantan kepala pertahanan tengah Israel yang telah bergabung dalam pemerintahan darurat Netanyahu dan kabinet perang.

Demonstrasi Israel

Demonstrasi besar-besaran antipemerintah sejatinya telah melanda Israel selama hampir satu tahun hingga serangan tersebut kembali muncul dalam beberapa minggu terakhir, menyerukan diadakannya pemilihan umum. Namun jumlah tersebut masih tergolong kecil dibandingkan demonstrasi massal pada 2023.

"Sudah waktunya dia pulang, kata manajer pemasaran Noa Weinpress, di Tel Aviv. "Seharusnya itu terjadi pada tanggal 8 Oktober dan jika tidak, pasti sekarang, setelah 100 hari."

Bahkan beberapa penggemar berat Netanyahu tampaknya pasrah dengan kepergian pemimpin yang masih mereka kagumi.

"Saya pikir dia akan memenangkan perang dan mundur, dengan bermartabat," kata Yossi Zroya, anggota Partai Likud Netanyahu dan pemilik stand Shawarma di Ramla. Di sinilah Netanyahu disambut dengan sorak-sorai "Raja Bibi" 15 bulan lalu di sebuah acara kampanye pemilu di mana ia berjanji untuk mengembalikan keamanan di jalanan.

Sentimen serupa juga diamini oleh pendukung lain yang berjalan-jalan di pasar Ramla. "Netanyahu adalah seorang jenius. Dia tidak bisa disalahkan atas apa yang terjadi," kata Rafi Kimchi, seorang pedagang berlian yang berkunjung dari dekat Herzliya. "Tapi menurutku dia sudah selesai. Sudah selesai."

Mengincar para pemilih Partai Likud yang kecewa, Ben-Gvir mungkin ingin memisahkan diri dan meninggalkan pemerintahan menjelang kampanye, kata Asa-El, yang merupakan peneliti di Shalom Hartman Institute di Yerusalem.

Gantz, sementara itu, popularitasnya melonjak dalam jajak pendapat, karena ia dipandang sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap rakyat. Banyak veteran Partai Likud yang telah lama berjuang untuk menggantikan Netanyahu, termasuk Menteri Luar Negeri Israel Katz dan anggota parlemen Yuli Edelstein.

Yossi Cohen, mantan kepala mata-mata Israel dan sering menjadi komentator acara berita dalam beberapa pekan terakhir, juga telah diangkat sebagai penggantinya, dengan beberapa jajak pendapat menunjukkan partai yang dipimpinnya memperoleh sekitar 12 dari 120 kursi di Knesset.

"Tidak ada yang mustahil," kata Cohen pada acara televisi Uvda N12 pada 4 Januari. "Saya belum memutuskan."

Asa-El memperkirakan akan terjadi "ledakan politik" setelah pertempuran mereda, dan mungkin akan terjadi pemilihan umum yang prematur. "Akan terjadi demonstrasi besar-besaran dan berulang-ulang jika para politisi mencoba untuk menunda-nunda," katanya.

(luc/cnbc)

#BenjaminNetanyahu #Israel #PerangHamas-Israel #Palestina #Internasional