Breaking News

TikTok Shop Kembali Buka di RI, Menkominfo Buka Suara

Menkominfo Budi Arie Setiadi 

D'On, Jakarta,-
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi buka suara mengenai aksi korporasi TikTok Shop dengan Tokopedia. Ia berharap platform itu memiliki komitmen untuk membela Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

"Udah itu B to B, biar aja lah, selama B to B, yang penting itu ada komitmen untuk mendukung dan membela UMKM di Indonesia," kata Budi Arie di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (11/12/2023).

Selain itu menurutnya, transaksi dari Tiktok Shop dan Tokopedia merupakan hal yang tidak menyalahi aturan. Namun memang mesti ada koordinasi yang dilakukan dengan Kementerian Perdagangan.

"Boleh nggak ada masalah," kata Budi.

Sementara pada kesempatan yang terpisah Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan belum mau buka suara mengenai pembelian kepemilikan PT Tokopedia oleh TikTok.

"Besok ada acara Tokopedia datang aja besok," kata Zulhas kepada wartawan.

Diketahui, GoTo dan TikTok secara resmi mengumumkan kerja sama di RI untuk membangun sektor e-commerce. Hal ini mengonfirmasi rumor beberapa saat terakhir yang menyebut TikTok Shop akan kembali hadir di RI dengan menggandeng pemain lokal.

"Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia," tertera dalam keterangan resmi dilansir dari CNBC Indonesia, Senin (11/12/2023).

Tik Tok berkomitmen investasi jangka panjang senilai lebih dari US$ 1,5 miliar atau Rp 23,38 triliun (kurs Rp 15.585) di PT Tokopedia. Transaksi tersebut diharapkan akan selesai pada kuartal pertama 2024.

Dengan demikian, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

Kemitraan strategis ini akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember 2023 bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) - inisiatif pemerintah Indonesia yang ditujukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui pemberdayaan UMKM lokal.


(hoi/cnbc)

#TikTokShop #Menkominfo #BudiArieSetiadi #OnlineShop #Tokopedia