Breaking News

Piala Dunia Antarklub: Raih Gelar Kelima, City Klub Terbaik Dunia 2023

Manchester City Juara Piala Dunia Antarklub 

D'On, Jedah (Arab Saudi),- 
Manchester City merebut gelar juara kelima, sehingga menjadi klub terbaik dunia 2023. City menggapai gelar juara kelimanya setelah mengalahkan Fluminense 4-0 pada Piala Dunia Antarklub di Jedah, Arab Saudi, Jumat (22/12/2023).

Manajer City Pep Guardiola menjadi pelatih pertama yang memenangi gelar klub FIFA dengan tiga tim berbeda. Ia membandingkan status City dengan tim hebat Barcelona yang dipimpinnya hingga menjadi juara Spanyol, Eropa, dan dunia pada 2011 silam.

“Jika orang membicarakan tim ini 25 atau 30 tahun kemudian, itu berarti Anda adalah tim yang sangat bagus,” katanya. “Hari ini menyenangkan. Kami telah menjadi tim terbaik di dunia.”

Penilaian terhadap era Man City ini juga harus menunggu hasil investigasi Liga Inggris atas dugaan kesalahan finansial di klub selama hampir satu dekade hingga 2018.

Tim asuhan Guardiola tidak diragukan lagi adalah yang terbaik di Eropa tahun ini dan terlalu bagus untuk Fluminense yang kewalahan.

“Kami mempersiapkan diri sepanjang tahun untuk (Copa) Libertadores tetapi tidak untuk Piala Dunia Antarklub,” kata pelatih Fluminense Fernando Diniz tentang timnya yang terkuras tenaganya setelah memenangi gelar kontinental tujuh pekan lalu.

Dalam pertandingan Man City vs Fluminense, Manchester biru memimpin setelah Julián Álvarez menyambar bola pantulan dari tembakan Nathan Aké saat laga baru berjalan 40 detik.

City memperbesar keunggulan lewat gol bunuh diri kapten Fluminense, Nino, pada menit ke-27. Gelandang muda Phil Foden memperbesar keunggulan ketika pertandingan sudah memasuki menit ke-72. Pada menit ke-88, Alvares mencetak gol kedua pada laga Man City vs Fluminense tersebut.

Dengan kemenangan City tersebut, maka Eropa merebut gelar ke-16 dalam 17 edisi kompetisi FIFA untuk juara kontinental.

Sayangnya, gelar juara City harus dibayar mahal oleh gelandang kunci Rodri yang tertatih-tatih meninggalkan stadion dengan lutut kanannya diperban setelah mendapat tekel keras dari pemain pengganti Fluminense, Alexsander.

Guardiola mengatakan, insiden yang memaksa Rodri untuk digantikan adalah sebuah hal yang menakutkan. Namun, dia tidak tahu tingkat keparahan cederanya. Yang perlu menjadi catatan, kekalahan City musim ini biasanya terjadi ketika pemain Spanyol itu melewatkan pertandingan.

Kemarahan berkobar setelah pertandingan dengan kapten City Kyle Walker menghampiri pemain Fluminense termasuk bek veteran Felipe Melo.

Rodri kemudian ikut merayakannya dengan membawa trofi dan menerima penghargaan sebagai pemain terbaik turnamen tersebut.

Dengan Rodri dalam performa terbaiknya, City meraih kemenangan mudah kedua dalam empat hari yang nyaman di Arab Saudi, bahkan tanpa superstar Erling Haaland dan Kevin De Bruyne yang cedera. Sebelumnya, di semifinal mereka menang atas Urawa Red Diamonds, Selasa lalu.

Guardiola menjadi pelatih pertama yang menjuarai Piala Dunia Antarklub bersama tiga tim berbeda. Dia memimpin Barcelona meraih gelar pada 2009 dan 2011, kemudian bersama Bayern Munchen pada 2013.


(*)

#PialaDuniaAntarKlub #Sepakbola #Olahraga #ManchesterCity #Fluminense

No comments