Breaking News

Merana di Bawah Ten Hag, MU Bakal Paceklik Gelar Musim Ini

Pemain MU tertunduk lesu usai kalah dari Bayern Munich di Liga Champions 

D'On, Manchester (Inggris),-
Harapan Manchester United alias MU untuk mendapatkan gelar musim ini lepas satu per satu menyusul kekalahan ke-12 dari 24 laga di seluruh kompetisi. Kekalahan terakhir diperoleh dari Bayern Munchen di penyisihan grup Liga Champions, Rabu (13/12/2023) dini hari WIB.

Kalah 0-1 dari Munchen, pasukan Erik ten Hag tersingkir dari ajang kompetisi bergengsi Eropa itu. Tak hanya pupus harapan meraih Piala Champions, klub berjuluk Setan Merah ini pun tak mampu lolos ke Liga Europa karena posisinya terpuruk di posisi dasar grup A.

Sesuai regulasi, tim peringkat pertama dan kedua fase grup Liga Champions akan lolos ke babak 16 besar. Tim yang berada di posisi ketiga mendapat kesempatan melanjutkan kiprahnya lewat babak play-off 16 besar Liga Europa, sebuah kompetisi dengan level di bawah Liga Champions.

MU tidak termasuk di dalamnya karena ada di posisi bontot grup A alias urutan keempat. Dengan hanya sekali menang dan sekali seri atau hanya mendulang 4 poin, peraih tiga kali Piala Champions ini kalah dari tiga saingannya, Bayern Munchen, Kopenhagen, dan Galatasaray. Padahal sejak awal MU diunggulkan minimal bisa menduduki peringkat kedua sehingga bersama Munchen lolos ke babak berikutnya.

Di dalam negeri, MU juga melepas status juara bertahan di ajang Carabao Cup. Pada babak 16 besar, Bruno Fernandes dkk dipermalukan oleh Newcastle dengan tiga gol tanpa balas di Old Trafford.

Sebagai catatan, MU berhak mengangkat Piala Carabao musim lalu setelah mengandaskan harapan Newcastle di final dengan skor 2-0.

Lebih menyesakkan bagi pendukung The Red Devils adalah kenyataan bahwa mereka sudah tak bisa bersaing lagi dalam perburuan gelar juara Liga Premier

Hingga pekan ke-16 Liga Inggris, klub yang bermarkas di Old Trafford ini sudah tujuh kali kalah membuat MU hanya mampu nangkring di urutan keenam klasemen dengan nilai 27 atau terpaut sepuluh poin dari Liverpool duduk di peringkat pertama.

MU mengemas selisih gol minus 3. Kondisi ini cukup memberi gambaran bahwa saat ini The Red Devils bukanlah momok menakutkan bagi tim lawan. MU tak ubahnya tim medioker di Liga Inggris. Di bawah Ten Hag musim ini MU terpuruk. 

Jumlah  12 kekalahan dari 24 pertandingan mereka di semua kompetisi musim ini sama dengan jumlah kekalahan sepanjang musim 2022/23 namun ketika itu dari 62 pertandingan. 

Tak mungkin juara, target MU musim ini akhirnya hanya sebatas masuk ke empat besar sehingga di musim berikutnya dapat berlaga di kompetisi prestisius Eropa, Liga Champions. 

“Jadi, kami harus berusaha keras untuk finis di empat besar sehingga tahun depan bisa kembali ke Liga Champions,” ujar Ten Hag melalui pernyataan resmi klub, Rabu (13/12/2023).

Kini satu-satunya gelar yang masih mungkin digapai adalah di ajang Piala FA. Turnamen ini terbuka untuk semua tim yang berlaga di Liga Utama, English Football League (EFL), Liga Nasional, dan klub-klub di divisi 3 hingga 5.

Menjadi juara Piala FA berarti akan otomatis lolos ke Liga Europa musim berikutnya. Seandainya ada klub terdegradasi dari Liga Premier musim itu tetapi menjuarai FA Cup, maka klub itu tetap berhak maju ke Liga Europa musim berikutnya.

Dengan menjuarai Piala FA, MU akan otomatis lolos ke Piala Europa meski gagal menempati posisi zona Liga Champions (empat besar) maupun Liga Europa (posisi enam besar) di klasemen Liga Premier.

Pertanyaan berikutnya, mampukah MU mengamankan satu gelar musim ini, yakni Piala FA? 

Jawabannya, apabila tak ada perubahan mendasar dari cara atau taktik bermain Ten Hag maka akan sangat sulit MU merengkuh Piala FA.

Saat ini Piala FA masih menjalani babak 32 besar. MU akan berhadapan dengan tim dari kasta lebih rendah, Wigan pada Januari 2024 mendatang. Jika mampu menundukkan Wigan, maka lawan selanjutnya adalah pemenang antara Nottingham Forest dan satu tim yang masih bertanding di babak 64 besar.

Lawan-lawan berikutnya adalah klub-klub besar Liga Premier lain seperti Manchester City, Aston Vila, Tottenham Hotspurs, atau Chelsea. Salah satu dari dua raksasa Inggris bakal tergusur di babak ini. Arsenal vs Liverpool harus saling mengalahkan di babak 32 besar. Laga yang menjadi salah satu bigh match FA Cup ini akan digelar pada 7 Januari 2024.

(Alang)

#ManchesterUnited #Sepakbola #Olahraga #LigaInggris