Breaking News

KPU Minta Debat Cawapres Kurangi Gimmick dan Tak Provokatif

Ketua KPU Hasyim Asyari 

D'On, Jakarta,-
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari meminta kepada para calon wakil presiden (cawapres) untuk mengurangi gimmick-gimmick saat menjalani debat pada Jumat (22/12/2023) malam ini. Hasyim juga meminta agar tim pemenangan masing-masing pasangan capres-cawapres untuk tidak provokatif dan menjaga kondusivitas debat.

"Situasi kemarin juga kira-kira dianggap hal yang tidak tertib itu juga sudah kami sampaikan setelah evaluasi, kami berikan teguran supaya hal-hal yang sudah kita sepakati tidak dipenuhi, itu juga supaya tidak diulangi lagi pada arena debat yang akan datang," ujar Hasyim di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2023).

Hasyim memahami, gimmick bisa terjadi karena pengaruh situasi dan psikologi pada saat berlangsungnya debat. Hanya saja, pihaknya berharap gimmick dikurangi saat berlangsung debat. "Situasi di area perdebatan berpengaruh situasional dan psikologi dari masing-masing pihak," tandas dia.

Lebih lanjut, Hasyim mengatakan, bakal ada liaison officer (LO) di arena debat cawapres pada Jumat malam ini untuk menjaga ketertiban di tim masing-masing pasangan calon.

"Untuk mengendalikan atau menjaga ketertiban bersama disepakati masing-masing tim pasangan calon kemudian ada LO di arena debat, supaya kemudian menjadi pengendali suasana di masing-masing tim pasangan calon," ungkap dia.

Menurut Hasyim, LO itu disediakan oleh masing-masing tim pasangan calon agar komunikasi lebih mudah.

"Yang jadi LO untuk berkomunikasi dengan undangan dari tim paslon, yang tahu siapa yang diundang, jumlah berapa, duduk di mana, kan teman-teman dari tim paslon, sehingga LO dari tim paslon," pungkas Hasyim.

Diketahui, debat cawapres perdana akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023) pukul 19.00 WIB. Tema debat cawapres akan mengangkat tema ekonomi (kerakyatan dan digital), keuangan, pajak, dan tata kelola APBN-APBD, investasi, perdagangan, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat cawapres malam ini akan dipandu oleh dua moderator yakni Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa. Ada 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para cawapres.

Sebagaimana debat pertama, debat cawapres akan terdiri dari enam segmen dengan perincian segmen pertama adalah pemaparan visi-misi, program kerja oleh masing-masing cawapres. Segmen kedua dan ketiga merupakan pendalaman materi dengan pertanyaan dari panelis yang dibacakan oleh moderator.

Lalu, segmen keempat dan kelima merupakan kesempatan masing-masing cawapres mengajukan pertanyaan kepada satu sama lain. Pertanyaan tersebut dijawab oleh masing-masing cawapres dan diberi tanggapan lagi oleh cawapres yang bertanya.

Segmen keenam merupakan closing statement atau pernyataan terakhir sebagai kesimpulan masing-masing cawapres atas tema debat. Debat cawapres tersebut akan berlangsung dalam waktu 150 menit dengan perincian 120 menit untuk debat dan 30 menit untuk iklan.


(B1)

#KPU #DebatCawapres2024 #Pemilu2024 #Pilpres2024