Breaking News

Dukung Subsektor Seni Rupa, Dispar Bekali Pelatihan Make Up

Peserta Pelatihan MUA bersama Dispar Padang

D'On, Padang (Sumbar),-
Guna meningkatkan pelaku subsektor ekonomi kreatif seni rupa, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pariwisata membekali pelatihan make up. Hal tersebut bertujuan agar melahirkan pemula seni rupa Make Up  Artis (MUA) di Kota Padang.

Dalam arahannya, Kepala Dinas Pariwisata, Yudi Indra Syani menjelaskan Kota Padang mempunyai potensi sehingga menciptakan image tersendiri bagi wisatawan.

"Sektor seni rupa merupakan subsektor dalam ekonomi kreatif yang mampu menciptakan estetika melalui seni wajah. Saat ini subsektor seni rupa sangat minim dari jumlah pelaku seni rupa make up, sektor ini mampu menciptakan dampak bagi masyarakat," kata Yudi, Selasa (5/12/2023) di Gedung Bagindo Aziz Chan.

Tambahnya, banyak beberapa jasa make up yang saat ini tumbuh dan berkembang, tentunya juga akan berkontribusi terhadap pajak daerah, selain itu juga berdampak pada peningkatan kompetensi dan mampu membuka peluang bagi jasa Make Up Artis (MUA).

"Kota Padang berkembang dalam ranah perkembangan multisektor yang mendukung pariwisata. Sehingga dengan pelatihan ini, dapat menciptakan SDM yang berkualitas, kompeten dan berdaya saing di kancah ekonomi yang syarat dengan kompetensi dan fluktuasi ekspektasi masyarakat," harap Yudi.

Sementara itu Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Ade Yonanda Irza mengatakan jumlah pelaku subsektor seni rupa sangat minim sehingga harus dibina dan dikembangkan untuk melahirkan pelaku seni rupa make up di Kota Padang.

"Pelatihan ini diharapkan meningkatkan pengetahuan, inovasi, skill dalam menyajikan ragam seni dalam menciptakan karya make up sekaligus melahirkan pelaku MUA," terang Ade.

Dengan mengangkat tema 'Menciptakan Estetika Keindahan Melalui Seni Make Up' kegiatan yang berlangsung 5-6 Desember tersebut diikuti 114 orang yang berasal dari berbagai organisasi wanita di kecamatan dan lembaga lainnya. 

Selain itu juga mendatangkan narasumber diantaranya Fitri Susanti (MUA profesional), Yuhilda Darwis (Pemerhati estetik Make Up) dan Yesriva Nursyam (Sekretaris Prodi Tata Rias ISI Padang Panjang). 

(MA)


#Senirupa #Padang #MUA