Breaking News

Belum Berhenti Gunung Marapi di Sumbar Kembali Erupsi, 23 Orang Masih Terjebak di Puncak

Gunung Marapi Sumbar kembali erupsi

D'On, Sumbar,-
Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar), kembali meletus pada Senin (4/12/2023) pagi dengan intensitas sebanyak 45 kali letusan dan 59 kali hembusan. Sebanyak 23 orang masih terjebak di puncak.

Kejadian ini merupakan lanjutan dari erupsi pertama Gunung Marapi pada Minggu (3/12/2023), dengan ketinggian abu vulkanik mencapai 3.000 meter.

Erupsi Gunung Marapi tersebut memberikan dampak signifikan terutama pada tiga wilayah, yaitu Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, dan Tanah Datar, yang mengalami hujan abu vulkanik.

Letusan Gunung Marapi terjadi sejak tadi malam pukul 00.00 WIB, sebanyak 9 kali, dan pada hari Minggu, sebanyak 36 kali. Arah angin membawa abu vulkanik ke utara, menuju Batu Sangkar, Tanah Datar, dan Kabupaten Agam.

Saat ini, sebanyak 23 pendaki Gunung Marapi masih terjebak di puncak gunung, dan kondisi para korban belum diketahui dengan pasti.

Tim Gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), TNI-Polri, dan tenaga medis berupaya melakukan pencarian sejak tadi malam, dan proses pencarian masih berlangsung.

Petugas dan puluhan ambulans telah disiapkan untuk evakuasi korban dari kaki Gunung Marapi ke rumah sakit terdekat.

Petugas Pos Marapi Bukittinggi, Ahmad Rifandi menjelaskan, sejak Minggu kemarin, Gunung Marapi meletus sebanyak 36 kali dan mengeluarkan 16 embusan.

Pada Senin ini, sejak pukul 00.00 WIB, terjadi 9 letusan dan 43 embusan, sementara ketinggian abu vulkanik belum dapat teramati karena tertutup awan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memasuki radius 3 km dari puncak gunung dan mengurangi aktivitas di luar ruangan. Jangan lupa memakai masker saat keluar ruangan," katanya.


(B1)

#GunungMarapi #EruspiGunungMarapi #Peristiwa #Sumbar

No comments